Thursday, February 25, 2016

Memaafkan 70x Sehari (3)

Ada kalanya ketika seseorang tidak bisa memaafkan sehingga tidak sabar atau bahkan sampai marah atas suatu situasi, pembenaran yang disampaikan adalah : “Tidakkah saya memang berhak untuk marah?”

Yang perlu diubah dari paradigma ini adalah bahwa barangkali memang benar, bahwa kita berhak untuk marah, dan bahwa kejadian itu tidak bisa dimaafkan. 

Dengan alasan bahwa pihak lain memang melakukan kesalahan, dan bahwa pihak lain itu memang perlu diingatkan secara keras agar tidak mengulangi kesalahan tersebut. Atau bahwa memang kesalahan yang dilakukan adalah sesuatu yang fatal.

Tapi justru di sinilah letak ujiannya. Apakah kita akan menjalankan hak itu, atau menahannya dan mendapatkan surga sesuai janji  Allah? Mana yang lebih berharga untuk kita, memperoleh hak tersebut di dunia, yang dari seluruh kehidupan kita di dunia pun tidak sampai 10% nilainya, dan bahkan bila dibandingkan dengan nilai di akhirat nanti, seluruh kehidupan kita di dunia pun hanya bernilai seperti sebuah pagi yang berlalu?


Semoga Allah berikan kesempatan untuk berpikir sejenak, untuk segera sabar dan memaafkan, dan tidak jadi untuk marah. 

No comments: