Friday, July 8, 2011

Target Khatam Al Qur’an Setiap 3 Bulan (Paling Lambat)

Dari ceramah Ust. Sukeri Abdillah kemarin, bahwa sebaiknya Al Qur’an dikhatamkan minimal setiap 3 bulan, dan jika lebih dari itu, maka tergolong kaum yang melalaikan Al Qur’an. Duh seram juga ya..

Maka sepertinya kita perlu menata lagi waktu kita, agar bisa mencapai target tersebut. Coba kita hitung-hitung yaaa..

Jumlah halaman dalam Al Qur’an ada 604 halaman.. Anggaplah 600 halaman begitu ya.. 4 halaman terakhir surat-surat pendek, insya Allah bonus :-)

Tiap bulan ada 30 hari, dan untuk muslimah, maka ada hari “istirahat” karena haid, taruhlah sekitar 10 hari. Maka hari efektif ada 20 hari per bulan.

Maka, jika ingin mengkhatamkan Al Qur’an dalam 3 bulan, per hari, target membaca Al Qur’an adalah 600 / (3 x 20) = 10 halaman, atau kurang lebih ½ juz.

Waw, cukup banyak juga yaaa :-)

Kita alokasikan masing-masing 4 halaman di setelah Subuh dan setelah Maghrib/Isya. Maka tersisa 2 halaman.
2 halaman ini, jika kita tidak bekerja, bisa dialokasikan ke waktu2 shalat lainnya, yaitu setelah Dzuhur dan Ashr. Tetapi jika kita bekerja, agak sulit juga mengalokasikan waktu ini.

Lalu di mana lagi ya?
Sepertinya kita harus mulai memanfaatkan semua waktu-waktu tunggu. Waktu menunggu di stasiun, di bank, di dalam kendaraan, di bis, di kereta. Wah, aneh gak nanti kelihatannya?

Hehe, gak apa-apa sekali-sekali aneh. Tapi kabarnya hal ini sudah sangat biasa dilakukan di Mesir. Mungkin sudah saatnya kita masyarakatkan juga di Indonesia. Paling awal-awalnya saja terasa aneh. Kalau sudah biasa, tidak akan aneh lagi.

Dan, target khatam dalam 3 bulan ini sebenarnya sama sekali bukan hal yang mustahil, karena sudah banyak contoh orang-orang yang sibuk, tetapi berhasil rutin mengkhatamkan Al Quran. Kalau tidak salah, Ustadzah Yoyoh Yusroh mengkhatamkan Al Qur’an 3 kali dalam sebulan, dan Ibu Ainun Habibie mengkhatamkan Al Qur’an 2 kali dalam sebulan.

Kalau di hari-hari Senin - Jumat sibuk, bisa digeber di akhir pekan :-)

Ayo, pasti bisa. Cari Al Qur’an yang praktis dan bisa dibawa ke mana-mana, dan jadikan pendampingmu ke manapun pergi, bersama HP dan dompet. Berangkaaaaat :-)

No comments: