Sunday, July 18, 2010

Game Internet untuk Anak-anak (dan Ayah Ibunya :-))

Beberapa bulan terakhir, 2 anak saya yang besar sedang hobi main game online di internet.

Awalnya dari nonton film kartun di TV kabel, ada alamat website-nya. Iseng-iseng mereka coba masuk. Ada membership-nya, mereka coba sign up. Di sana ternyata ada berbagai game online yang seru!

Ada kompetisi membuat film kartun. Jadi mereka harus membuat script kartun yang isinya tinggal dipilih-pilih, dibuat cerita, buat beberapa teks, isi dengan pilihan-pilihan suara, submit.

Ada game creator. Jadi di sini mereka justru bukan main game, tapi membuat game. Ada berbagai tools yang tinggal dipilih, siapa tokohnya, bagaimana perjalanan game-nya, serta bagaimana menyusun bonus dan rintangannya. Selesai, submit. Nanti bisa terlihat sudah berapa orang di internet yang memainkan game kita, dan berapa mereka memberi rate.

Ada lagi kompetisi sepak bola. Jadi mereka membuat tim dengan teman-teman yang ada di network tersebut, mendaftar ke sebuah kompetisi, lalu akan muncul jadwal pertandingan. Pertandingan hanya bisa terjadi jika perwakilan kedua tim ada yang online. Jika dalam dua hari tidak online, maka dianggap kalah.

Ada lagi permainan yang menuntut kesabaran dan juga ketelitian. Jadi di game ini, ada target dan level-level yang harus dicapai. Untuk mencapai target-target itu, ada petunjuk-petunjuk yang diberikan dalam email dari admin website. Salah satu tugasnya adalah mereka juga harus membuat sendiri halaman website, men-setup-nya, dan di situ mereka bisa membuat tugas-tugas dan melakukan "panen" atas tugas-tugas tersebut setiap harinya. Mereka juga harus berteman dengan beberapa admin dan teman sesama peserta, karena ada beberapa tugas yang memerlukan bantuan dari teman-teman tersebut. Nah kalau game yang ini, saya juga suka :-D

Ternyata, game anak-anak di internet itu banyak juga yang bermanfaat bukan? Meningkatkan kreativitas, mengasah ketekunan, membiasakan komunikasi dalam bahasa Inggris, terbiasa berkenalan dengan teman-teman di seluruh dunia, terbiasa dengan berbagai aplikasi di internet seperti search, email, chat, forum, message board, bahkan blog. Dan kemampuan ini akan sangat membantu ketika mereka diberi tugas dari sekolah, dan diminta untuk mencari di internet.

Agar hasilnya optimal, ada beberapa kualifikasi yang diperlukan :
1. Anak-anak harus berkomitmen bahwa mereka hanya boleh mengakes website anak-anak. Jika ada yang aneh, harus komit untuk langsung ditutup.
2. Bisa berbahasa Inggris dasar, karena berbagai website penyedia game tersebut merupakan website internasional.
3. Bagi orang tua, sedapat mungkin carilah akses internet yang unlimited. Jika aksesnya bukan unlimited, harus dibuat kesepakatan batas waktu bermain setiap harinya.
4. Walaupun akses internet unlimited, sebaiknya tetap ada batas waktu bermain agar anak juga melakukan aktivitas fisik lainnya.

Selamat mendampingi (dan ikutan) anak-anak bermain di internet :-)

No comments: