Tuesday, April 10, 2012

Menghafal Al Qur'an? Nggak Dulu Deh..

Apakah teman-teman sekalian ingin menghafal Al Qur'an, tetapi belum juga mulai? Atau sama sekali belum tertarik? Mungkin beberapa alasan dan penjelasan berikut bisa dipertimbangkan :-)


Alasan 1 : Tidak ada waktu.

Waktu selalu ada, kalau kita sempatkan. Menghafal Al Qur'an tidak perlu waktu lama. 10 menit sehari cukup, tentunya lebih baik lagi kalau 30 menit, atau 1 jam. Tapi yang penting rutin, tidak perlu lama.

Kalau nonton TV 10 menit setiap hari kita bisa sempatkan, insya Allah menghafal Al Qur'an 10 menit sehari juga sempat.


Alasan 2 : Sudah terlalu tua, rasanya tidak mungkin..

Ada kisah nyata, seorang ibu berusia 80 tahun berhasil menghafalkan Al Qur'an. Dan itu baru dimulai ketika ia berusia 80 tahun. Berapa usia kita? Ibu 80 tahun saja bisa, insya Allah kita yang jauh lebih muda, juga bisa.


Alasan 3 : Sulit menghafal, bahkan surat yang pendek pun.

Indahnya Islam, yang dilihat bukan hasil akhir, tetapi proses. Yang terpenting adalah kita sudah melakukan usaha maksimal, semaksimal yang kita mampu. Kalau memang kita hanya bisa menghafal surat pendek, tidak apa-apa dimulai dengan surat pendek. Yang penting kita sedang menghafal.


Alasan 4 : Bacaan masih amburadul..

Memang lebih baik jika kita menghafal Al Qur'an jika bacaan kita sudah baik. Maka, langkah yang harus dilakukan adalah segera belajar memperbaiki bacaan Al Qur'an. Cari guru, dan sekarang sudah ada bimbingan bacaan Al Qur'an via telepon. Yang penting segera melangkah. Sekarang :-)


Alasan 5 : Nanti-nanti aja deh..

Hehe, nanti kapan? Kenapa tidak sekarang? Apakah yakin dengan umur kita? Bagaimana kalau waktu kita ternyata tidak lama lagi? Sebelum menyesal, lebih baik dimulai dari sekarang.


Alasan 6 : Al Qur'an kenapa harus dihafal? Yang penting kan diamalkan.

Ini yang agak sulit jawabannya. Memang benar, yang terutama adalah diamalkan. Namun, dengan menghafalkan Al Qur'an, hati kita akan "terkoneksi" dengan Al Qur'an. Dan banyak keutamaan-keutamaan bagi penghafal Al Qur'an, seperti pada tulisan ini.


Sementara 6 dulu, kalau ada alasan yang lain, silakan diinfokan yaa.. Nanti saya coba carikan penjelasannya :-)

Lalu sekarang bagaimana? Ayo, mulai menghafal!
Sekarang? Iya, sekarang!
Dari mana? Dari mana saja yang dirasa mudah!

No comments: