Tuesday, March 20, 2012

Cara Mudah Bersahabat dengan Al Qur'an

Dari Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu : Saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim]

Dari pelajaran bahasa Arab di kantor siang tadi, terjemahan untuk bagian akhir adalah "pemberi syafaat bagi sahabatnya".

Agar kita termasuk sebagai sahabat Al Qur'an, berikut 7 cara mudah mengawalinya :

Pertama,
Bawalah Al Qur'an ke mana pun kita pergi. Pilih Al Qur'an yang ukurannya pas untuk kita bawa-bawa. Masukkan ke dalam saku, dompet, tas kecil. Sehingga di mana pun kita memiliki waktu luang, kita bisa membaca Al Qur'an.

Kedua,
Simpan Al Qur'an di smartphone kita, dalam versi bacaan maupun audio. Jika membuka Al Qur'an dirasa terlalu menyolok, kita bisa membaca Al Qur'an dari smartphone, atau mendengarkan audio-nya dengan earphone.

Ketiga,
Hafalkan nama-nama suratnya, dengan nomor surat dan urutannya. Caranya sudah pernah saya tulis di sini.

Keempat,
Seringlah membacanya. Buatlah jadwal "pertemuan harian" dengan "sahabat" kita ini. Misalnya pagi hari setelah subuh, pagi hari sebelum mulai bekerja di kantor, siang hari setelah dzuhur, sore hari setelah asar, malam hari setelah maghrib, atau malam hari sebelum tidur. Rutinkan, rindukanlah waktu pertemuan itu.

Kelima,
Senanglah mendengarnya. Pasang MP3 Al Qur'an di mana pun memungkinkan. Di komputer kantor, di kendaraan, di rumah. Jadikan MP3 Al Qur'an "musik" yang paling kita senangi.

Keenam,
Berniatlah untuk menghafalkannya. Karena hafalan Al Qur'an adalah makanan untuk hati kita. Yang terbaik tentu bertarget untuk hafal seluruh Al Qur'an, namun kalau pun tidak, yang penting kita selalu berada dalam proses untuk sedikit demi sedikit menambah hafalan Al Qur'an kita.

Ketujuh,
Bacalah Al Qur'an ketika kita dalam kesulitan. Membaca Al Qur'an akan menenangkan hati, membaca Al Qur'an juga menjadi doa, dalam Al Qur'an ada berbagai jawaban persoalan hidup, dan Al Qur'an juga dapat menyembuhkan penyakit.

Bagaimana, mudah bukan? Semoga Allah senantiasa membimbing kita di jalan lurus-Nya.

Selamat mencoba dan menjadi sahabat Al Qur'an :-)

1 comment:

yasir said...

MasyaAllah... :'( semoga Allah beri anda banyak kebaikan. semoga terus Allah bantu dalam mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan benar.