Tuesday, August 25, 2015

Tahfizh Online via Whatsapp Group

Dengan kemajuan teknologi telekomunikasi, sekarang belajar tahfizh bisa dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Voice Note di Whatsapp.

Sudah ada tiga group tahfizh online yang saya ketahui :

Pertama, ODOL Akhwat dan Ikhwan (ODOLA / ODOLI) : Gratis
Peserta mendaftar ke Admin, lalu akan masuk dahulu ke Group Awal. Group Awal adalah semacam Ruang Tunggu, ketika peserta dites dulu apakah sudah siap untuk menghafal. Bila sudah dipanggil di Ruang Tunggu, akan diinformasikan ayat yang diminta untuk dibaca dan direkam melalui VN. Bacaan akan dinilai oleh seorang Ustadzah, bila memenuhi syarat, maka akan siap untuk masuk Group ODOLA / ODOLI.
Di Group ODOLA / ODOLI, akan ada 30 anggota, yang masing-masing anggota dipasangkan dengan satu anggota lain untuk saling menyetorkan hafalan setiap harinya. Maka tugas anggota setiap hari adalah menyetor hafalan ke pasangan dan mendengarkan serta mengoreksi setoran hafalan pasangan.
Setiap pekan dilakukan murajaah atas hafalan sepekan sebelumnya. Selanjutnya setiap bulan dilakukan murajaah atas hafalan sebulan sebelumnya. Selanjutnya setiap semester dilakukan murajaah satu semester sebelumnya.
Anggota melapor ke Group setiap harinya bila sudah menyetor hafalan dan menyimak pasangan.
Setiap hari ditunjuk penanggung jawab untuk membuat rekapitulasi.

Kedua, Tahfizh Qur'an Lil Muslimat : Berbayar, kalau tidak salah 150rb per bulan
Ada 2 jenis Group, yaitu yang menghafal sambil tahsin (bagi yang tahsinnya masih perlu perbaikan) dan menghafal (bagi yang tahsinnya sudah baik). Peserta mendaftar ke Admin, Admin akan menginformasikan nomor Ustadzah untuk menyetorkan bacaan, untuk menentukan masuk ke Group Hafalan + Tahsin atau Hafalan saja.
Bila sudah masuk Group, setoran dikirimkan ke Ustadzah setiap harinya dan akan mendapatkan koreksi dari Ustadzah. Untuk yang Hafalan + Tahsin, maka Ustadzah setiap hari akan mengirimkan dahulu contoh bacaan, peserta menyetorkan bacaan (belum hafalan), bila sudah baik bacaannya, baru peserta menyetorkan hafalan.
Peserta melapor ke Group bila sudah menyetorkan bacaan dan hafalan.
Admin akan merekap setoran setiap harinya.

Ketiga, Hafizh on The Street : Gratis
Hafalan dengan metode Kauny, yaitu dengan gerakan, yang diprakarsai  oleh Ustadz Bobby Herwibowo.
Peserta mendaftar ke Admin, Admin akan memasukkan ke Group, biasanya dipisahkan antara ikhwan dan akhwat.
Video untuk 1 ayat akan dikirimkan setiap harinya ke Group. Peserta lalu menghafalkan beserta gerakannya dan menyetorkan hafalan (VN saja, bukan video) ke Group. Admin akan me-review dan memberikan koreksi.

Masya Allah, teknologi membantu untuk beribadah. Mudah-mudahan bermanfaat.

No comments: