Monday, December 2, 2013

Inspirasi Hijab dan Islam dari Peggy Melati Sukma

Kemarin dalam rangka menyemarakkan bulan Muharram, di kantor ada talkshow Peggy Melati Sukma. Sekarang dia pake jilbab panjang gitu, jadi solat pun langsung aja, ngga pake mukena lagi :-) Dan dia itu sangat pintar plus super aktif di kegiatan sosial, punya yayasan sejak usia 19 tahun, masya Allah..

Nah dia sharing beberapa point yang rasanya 'dalem banget'..

Pertama, At Taubah 24, silakan dibaca yaa :-) Bahwa kalo kita mencintai sesuatu melebihi cinta kita pada Allah, tunggulah ketetapan Allah akan datang. Bahwa nantinya kita akan diuji karena Allah menginginkan kita berjalan di muka bumi ini tanpa dosa.

Dalam konteks Peggy, berbagai aktivitas dan kesuksesannya, membuat dia merasa mampu mengatasi semua sendiri. Sampai akhirnya dia dapat masalah besar, yang akhirnya dia menyerah, dan minta tolong sama Allah. Waktu minta tolong itu dia evaluasi lagi semua perilakunya, termasuk di situlah dia mulai berhijab.

Kedua, "innalillahi wa inna ilaihi rojiun" kita sering gunakan hanya dalam konteks ada yang meninggal. Padahal maknanya segala sesuatu dari Allah, dan akan kembali pada Allah. Termasuk kita. Kita berawal dari Allah dan ujungnya nanti akan kembali pada Allah. Pertanyaannya, gimana tengah2nya? Apakah semua yang kita lakukan itu buat Allah?

Ketiga, kematian itu sebetulnya masalah persepsi. Kita sebenarnya tidak pernah mati, kita abadi. Pertanyaannya, apa yang sudah kita persiapkan untuk keabadian itu?

Keempat, kita perlu sekali-sekali mengulang syahadat kita, dengan hati yang sungguh-sungguh mendalami maknanya. Lalu kita evaluasi diri kita, sudahkah kita laksanakan syahadat itu dengan sebenar2nya?

Kelima, surat Hud 15-16, silakan dibaca lagi yah :-) Bahwa jika kita menginginkan dunia dan kita berusaha, Allah akan berikan hasilnya di dunia berupa kesempurnaan. Tetapi nanti di akhirat hasilnya adalah neraka jahannam.

Demikian, semoga menginspirasi sebagaimana menginspirasi saya kemarin :-)

No comments: