Thursday, September 15, 2011

Bayi Tidur Bersama Ortu atau Babysitter?

Di milis asiforbaby, ada pembahasan tentang tidurnya bayi, bersama orang tua ataukah ditemani babysitter.

Saya termasuk yang mendukung bayi tidur bersama orang tua, dengan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :

Pertama, supaya bayi tidak terus menerus bersama babysitter. Bagaimana pun baby perlu berinteraksi dengan ibunya. Kalau sepanjang siang sudah dengan babysitter, paling tidak di malam hari dengan ibunya.

Kedua, bayi biasanya di malam hari masih sering terbangun dan biasanya dia menangis. Kondisi itu adalah kondisi "tidak nyaman" untuk bayi. Jika bayi tidur dengan babysitter, maka "solusi" bagi bayi untuk "kondisi tidak nyaman" adalah babysitter. Pola itu akan terbentuk pada bayi, dan dia akan lebih memilih babysitter daripada ibunya ketika ada "ketidaknyamanan".

Ketiga, perlunya pengenalan kebiasaan-kebiasaan tidur bayi. Tiap bayi punya kebiasaan masing-masing sebelum dan menjelang tidur, serta ketika bangun tidur, yang membuat proses tidur dan bangun jadi lebih mudah. Kebiasaan itu akan kita ketahui kalau kita tidur bersama bayi.

Keempat, antisipasi jika babysitter tidak ada. Bagaimanapun, akan ada waktu-waktu babysittertidak bersama kita. Misalnya dia cuti, atau kita menginap di tempat lain tanpa babysitter, atau bahkan babysitter berhenti. Jika anak sudah terbiasa tidur bersama babysitter, akan diperlukan penyesuaian yang cukup berat ketika babysitter itu tidak ada, terutama berkaitan dengan kondisi-kondisi nomor 1, 2, dan 3 di atas.

Kalaupun memang ingin membiasakan bayi untuk tidak tidur bersama orang tua, maka sebaiknya bayi tidur di kamar tersendiri di box yang tentunya harus aman. Untuk pemantauannya, gunakan baby monitor. Dan yang mengantar tidur tetap orang tua, yang datang ketika dia menangis tetap orang tua. Babysitter bisa diminta untuk ikut bangun di malam hari, tetapi posisinya hanya membantu saja.

Demikian, semoga bermanfaat :-)

2 comments:

Bunda Kanaya said...

makin rame aja tuh bun di milis...heheheh

bunda khadijah said...

@bunda kanaya,

Hehehe iya, ternyata jadi rame yaa.. Dan katanya memang sudah beberapa kali dibahas dan selalu rame ya?
Baru tau :-) Kirain belum pernah dibahas dan ngga ada pro kontra :-)

Mudah2an ketemu solusi terbaik buat masing-masing deh yaa.. :-)