Thursday, April 27, 2017

Kemenangan Islam

Ceramah disampaikan oleh Ustadz Ahmad Syaikhu pada Kamis, 23 Rajab 1438 / 20 April 2017, di Mushalla Tarbiyah.

Bila kita mendapatkan kebahagiaan kita harus bersyukur dan salah satu bentuknya adalah dengan berbagi.

Hidup sebaiknya dalam 2 dimensi, yaitu dunia dan akhirat.

Ada seorang pengusaha dan kolonel yang saat ini menjadi penjaga masjid dan bahagia dengan pekerjaannya itu. Menjadi penjaga masjid adalah yang dilakukan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam.

Dari beberapa perkembangan terakhir, terlihat kecenderungan gerakan Islam untuk Allah berikan kemenangan dan keberhasilan. Maka bila kita memiliki niat untuk melakukan sesuatu untuk Islam, sebaiknya segera dijalankan.

Ada pengusaha yang menghubungi Ustadz untuk ikut umrah, dan Ustadz menanyakan apa misinya, karena umrah sebaiknya ada misi. Ternyata pengusaha tersebut sedang merintis sebuah usaha untuk menyelamatkan kekayaan alam Indonesia yang membutuhkan modal cukup besar. Umroh dilakukan sebagai upaya memohon pertolongan Allah.

Bila upaya-upaya yang kita dilakukan di dunia, bisnis dan  pekerjaan kita, tidak menstimulasi air mata karena mengingat keagungan Allah, tidak membuat kita bertakbir, maka perlu dipertimbangkan kembali apakah upaya, bisnis, dan pekerjaan kita tersebut layak untuk dilanjutkan, dalam konteks akhirat.

Segala upaya, bisnis, dan pekerjaan kita seharusnya menjadi investasi akhirat dan mengingatkan kepada Allah.

Apa yang terjadi di dunia Islam di Indonesia saat ini mirip dengan yang digambarkan pada surat An Nashr, kemenangan.

Para sahabat di masa Rasulullah bila telah lalai atas suatu kewajiban, maka bersegera memperbaiki diri. Ka’ab bin Malik yang terlambat pada perang Tabuk langsung bersedekah dengan kebun yang dimilikinya.

Dalam berbagai proses dalam kehidupan, bila menghadapi kesulitan, kita harus senantiasa menahan sabar dan memaafkan, karena Allah telah memiliki rencana yang terbaik yang belum kita ketahui.

Abu Jahal yang memusuhi Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, anaknya, Ikrimah bin Abu Jahal menjadi muslim dan ikut dalam berbagai perang dengan Rasulullah. Begitu pula dengan Abu Sufyan dan Hindun, berbalik dari memusuhi Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menjadi muslim. 

Dengan dibukanya pemahaman muslim pada surat Al Maidah 51, Allah berikan kemenangan bagi muslim Indonesia. Insya Allah akan lebih besar lagi kemenangan akan diperoleh bila muslim Indonesia makin dekat dengan Al Qur’an. Semoga Indonesia menjadi pelopor kemenangan muslim di dunia. 

No comments: