Tuesday, April 14, 2015

Sifat Orang Yahudi (Tafsir Surat Al Hasyr ayat 14 – 17)

Kajian Dzuhur disampaikan oleh Ust. Amir Faisol Fath. 

Surat Al Hasyr terutama menjelaskan tentang sifat orang Yahudi.

Pada ayat 14 dijelaskan tentang sifat orang Yahudi yang penakut, yang selalu membangun benteng, yang di dalam benteng tersebut disiapkan seluruh perlengkapan kehidupan, termasuk pasar dan bahkan ladang untuk bercocok tanam. Disiapkan juga persenjataan jarak jauh agar dapat dilakukan penyerangan dari dalam benteng.

Umat Islam adalah umat yang pemberani. Sehingga mudah bagi muslim jika akan melawan orang Yahudi. Jika mereka terdesak, mereka akan ketakutan dan menyerah. Inilah yang menyebabkan orang Yahudi dapat diusir dari Madinah.

Bagi orang Yahudi, nyawa mereka sangat berharga. Salah satu sebabnya adalah karena Yahudi adalah agama keturunan. Orang di luar Yahudi walaupun meyakini kebenaran agama Yahudi, tidak dapat menjadi umat Yahudi. Yahudi adalah agama keturunan yang mengikuti garis keturunan ibu.

Orang Yahudi terlihat bersatu, tetapi hati mereka sesungguhnya tercerai berai. Di antara orang Yahudi pun sering terjadi perselisihan. Saat ini, ada kelompok Yahudi yang menentang invasi ke Palestina.

Keimanan berkaitan dengan akal. Hal ini yang menyebabkan Khalid bin Walid ketika ditanya apakah berani melawan 50 orang kafir, Khalid bin Walid menyatakan “Berani, karena aku memiliki iman. Mereka tidak beriman, hati mereka tercerai berai.”

Di masa kepemimpinan Umar, pernah ada gubernur yang meminta dikirimkan 4000 orang pasukan untuk berperang, Umar mengirimkan 4 orang. Ketika ditanya mengapa demikian, jawaban Umar adalah karena 1 orang senilai dengan 1000 orang karena keimanannya.

Akal akan berfungsi jika didampingi keimanan. Teknologi bukan berkaitan dengan akal, tetapi dengan otak. Akal akan berfungsi ketika kita melakukan hal yang baik, membaca Al Qur’an, shalat, dzikir, belajar di majelis ta’lim.

Orang Yahudi memiliki sifat seperti setan. Yaitu menggoda, lalu tidak bertanggung jawab. Yahudi merusak, lalu meninggalkan begitu saja. Seperti yang terjadi di Irak ketika Baghdad dan seluruh peninggalan peradaban Islam dihancurkan. Juga yang terjadi di Siria.


Seorang sejarawan barat menyatakan, Yahudi adalah satu-satunya kaum yang tidak memiliki peradaban. Mereka membunuh, menghancurkan, mengambil hak orang lain. 

No comments: