Monday, May 21, 2012

Waktu, Palestina, dan Setoran Rekaman Hafalan Al Qur'an

Saya belum sempat menulis banyak hari ini, tetapi ada tiga poin yang ingin saya sampaikan.

Pertama tentang pentingnya waktu. Waktu harus selalu dimanfaatkan untuk kebaikan. Malah ada ucapan yang menyebutkan bahwa bila waktu tidak digunakan untuk kebaikan, maka ia sedang digunakan untuk keburukan. Dalam Islam sebenarnya tidak ada istilah bersantai, beristirahat. Waktu untuk bersantai dan beristirahat adalah nanti, ketika sudah di surga-Nya, insya Allah. Wisata dalam Islam adalah jihad dan berpuasa. Berikut beberapa link tentang wisata, waktu, dan bersantai dan bersenang-senang dalam Islam :

http://www.ikadi.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=702:nilai-waktu-bagi-muslim&catid=41:tafakkur&Itemid=72
http://www.hidayatullah.com/read/21656/13/03/2012/waspadai-%E2%80%9Cjebakan%E2%80%9D-waktu-luang!-.html
http://www.hidayatullah.com/read/13717/18/10/2010/waktumu-adalah-umurmu!---.html
http://kangaswad.wordpress.com/2011/12/07/bukan-orang-yang-gemar-bersenang/
http://islam-full.blogspot.com/2011/03/abi-kapankah-kita-bersantai.html
http://ibnuabbaskendari.wordpress.com/2010/06/21/agar-tamasya-tidak-membawa-murka/
http://islamqa.info/id/ref/87846
http://islamqa.info/id/ref/52845

Kedua tentang Palestina, masih berkaitan dengan waktu. Dalam tulisan sebelumnya saya pernah menceritakan tentang muslimah Palestina yang hafal 30 juz, juga seorang engineer. Saya sangat ini mempelajari, bagaimana cara mereka membagi waktu. Saya ingin mencoba mencari teman muslimah dari Palestina yang bisa berbagi bagaimana kehidupan mereka sehari-hari, tetapi sejauh ini belum ketemu. Akhirnya sumber yang mudah-mudahan bisa memberikan gambaran adalah berbagai website tentang kehidupan di Palestina, berikut link-nya, saya belum sempat membaca detil, mudah-mudahan bermanfaat :

http://georgie.ripserve.com/?p=668
http://electronicintifada.net/diaries?page=126
http://www.annainthemiddleeast.com/

Ketiga, tentang setoran Al Qur'an, juga masih berkaitan dengan waktu. Masukan dari ustadz pengajar tahfizh saya, jika kita berada dalam keterbatasan waktu untuk menyetorkan hafalan Al Qur'an, metode yang bisa dilakukan adalah setoran rekaman hafalan Al Qur'an.

No comments: