Tuesday, December 6, 2011

Yuk Mendongeng untuk Anak

Hari Minggu yang lalu anak saya ikut lomba “story telling” di salah satu lembaga bahasa di Jakarta.

Acara dibuka oleh salah seorang guru di lembaga tersebut, yang menjelaskan bahwa lomba “story telling” ini dibuat untuk “menciptakan” sebanyak mungkin “story teller”, pendongeng, di masa depan.

Dari mendongeng, banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh :

1. Mengembangkan imajinasi anak
Dengan dongeng yang disampaikan secara lisan, anak akan membayangkan apa yang diceritakan, dan di sanalah imajinasi berkembang.

2. Menambah pengetahuan anak
Dalam dongeng bisa dimasukkan berbagai pengetahuan, dan karena disampaikan secara menarik, anak belajar dalam suasana yang menyenangkan.

3. Anak menyerap banyak kosa kata
Dongeng yang disampaikan dengan lisan membuat anak mempelajari banyak kata. Apa lagi jika dongeng disampaikan dalam bahasa Inggris, maka kosa kata Bahasa Inggris anak-anak akan sangat berkembang (masalahnya mamanya sanggup nggak mendongeng bahasa Inggris, hehe..)

4. Anak mengerti akan moral
Dalam dongeng, dengan interaksi antar tokohnya, dapat disampaikan pesan moral, yang membuat anak memahami tentang moral tanpa perlu merasa digurui atau dinasehati.

5. Mendekatkan hubungan orang tua dan anak
Ketika mendongeng, maka anak akan bersama orang tua paling tidak selama 15 sampai 30 menit, dengan suasana yang rileks. Hal ini akan semakin mendekatkan hubungan orang tua dan anak.

Mendongeng, yang paling mudah dilakukan dengan membaca buku dongeng. Buku seperti ini sangat banyak dijual, tinggal dipilih cerita mana yang menurut kita bermanfaat untuk anak.

Cara lain yang saya rasa lebih signifikan manfaatnya adalah mendongeng langsung tanpa buku. Jadi cerita dikarang oleh orang tua, saat itu juga. Di sana akan muncul dinamika, karena anak bisa langsung berinteraksi, menyampaikan ide untuk cerita, terjadi diskusi ke berbagai topik.

Inilah cerita si Mung Mung yang sudah saya ceritakan ke anak-anak saya sampai ke episode ke-40-an, dan saat ini si Mung Mung sedang bermain ke luar angkasa bertemu dengan temannya, si Fish Free :-)

Yuk, mulai mendongeng untuk anak-anak kita, mumpung anak-anak masih mau mendengarkan :-)

No comments: