Tuesday, December 6, 2011

10 Muharram dan Yatim

Dari Pengajian Kesembilan Kitab Hadits Sahih Bukhari Ust. Syarif Matnadjih (PIN 22E5CDE4, silakan add jika ingin menerima kajian ini setiap harinya) :

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ قَالَ حَدَّثَنِي عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ أَبِي حَازِمٍ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي قَالَ سَمِعْتُ سَهْلَ بْنَ سَعْدٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا وَقَالَ بِإِصْبَعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى

Nabi saw bersabda :

"Aku dan yang memelihara yatim di Syurga seperti ini, sembari beliau membentangkan jari telunjuk dan jari tengah"
(HR. Bukhari : 5304)

Hari ini bertepatan dengan 10 Muharrom dan sebagian mayarakat Indonesia menjadikan tanggal 10 Muharram sebagai 'Hari Raya Yatim'.

Tidak ada dalil yang menguatkan anggapan ini, tetapi alquran dan alhadits banyak sekali bercerita tentang keutamaan berlaku baik kepada anak yatim.

Maka lebih tepat bila menjadikan sepanjang hari adalah menjadi 'hari raya' anak yatim, dimana kita berlomba memberikan yang terbaik kepada mereka (baca: yatim), memelihara dan menyantuni mereka adalah bagaikan memelihara dan menyantuni 'putra-putri' Nabi Saw, karena Nabi adalah Abal Yataama (bapaknya anak-anak yatim), kabar gembira buat mereka yang memelihara yatim adalah 'kepastian' masuk Syurga dan berdekatan dengan Nabi saw di Syurga..

Ya Rabb... Lembutkan hati kami terhadap para yatim dan berikan kami kemampuan memelihara mereka di rumah kami... ‎‎‎أمِينْ يَا مُجِيبَ السَّائِلِينْ

Selamat Menunaikan Puasa Sunnah 'Asyuro
Wallahu A'lam Bisshowaab

No comments: