Thursday, September 6, 2012

Bagaimana Jika HP Berbunyi Ketika Kita Shalat?



Seringkali dalam shalat berjamaah di mushalla atau masjid, ada jamaah yang terlupa mematikan HP-nya, dan akhirnya berdering sepanjang shalat, dan membuat semua jamaah menjadi terganggu. Apa lagi deringan HP sekarang ini sudah beraneka ragam, dari aneka jenis lagu, sampai aneka jenis suara lainnya :-)

Apa yang seharusnya kita lakukan?

Siang tadi Ustadz Muhsinin Fauzi menjelaskan tentang hal ini. Bahwa pada dasarnya lupa adalah sifat yang sangat manusiawi. Dan jika kasus ini terjadi, kita boleh dalam shalat mengambil HP tersebut (dari kantong, tas, di depan kita), dan mematikannya. Atau bisa juga kita menerima panggilan tersebut (dalam arti meng-accept call-nya, atau menekan tombol untuk berbicara) tetapi tentunya kita tidak perlu berbicara. Harapannya, ketika penelepon mendengar suara takbir dari HP yang dihubunginya, dia mengerti bahwa orang yang dihubungi sedang shalat.

Apa dasar dari hal ini?

Hal ini merujuk pada riwayat bahwa Rasulullah pernah sedang shalat sunnah di depan pintu, lalu Aisyah mengetuk pintu tersebut. Rasulullah pun membuka pintunya dan melanjutkan shalatnya.

Riwayat kedua adalah ketika Rasulullah dan para sahabat sedang shalat berjamaah, padahal waktu itu bukan waktu shalat. Asma’ yang baru datang pun bertanya pada para sahabat yang sedang shalat. Aisyah lalu menjawab dengan mengangkat jarinya dan menunjuk ke langit, mengisyaratkan bahwa shalat yang dilakukan adalah shalat gerhana.

Dari kedua riwayat tersebut, maka pada dasarnya dalam shalat kita dibolehkan melakukan hal di luar shalat, jika memang mendesak.

Seperti juga ketika kita sedang flu berat, sehingga sering keluar cairan dari hidung walaupun sudah dibersihkan ketika wudhu. Agar tidak mengganggu yang lain dengan menghisap cairan hidung tersebut, maka kita boleh menggunakan tisu untuk mengusap cairan yang keluar dari hidung.

Demikian pencerahan dari Ustadz Muhsinin Fauzi hari ini, semoga bermanfaat :-)

2 comments:

Eka Purnama Sari said...

bunda khadijah, mksh ya.. manfaat inshaAllah..

bunda khadijah said...

Dear Mbak Eka,

Alhamdulillah kalau bermanfaat :-)

Terima kasih sudah mampir ya Mbak Eka.. :-)