Monday, September 10, 2012

Bersemangat dan Jangan Berandai-Andai


Dalam hadits-nya Rasulullah shalalllahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Bersemangatlah untuk meraih segala hal yang bermanfaat bagimu. Mintalah pertolongan Allah dan jangan lemah. Apabila engkau tertimpa sesuatu (yang tidak menyenangkan) janganlah berkata, ‘Seandainya aku dulu berbuat begini niscaya akan menjadi begini dan begitu’ Akan tetapi katakanlah, ‘QaddarAllohu wa maa syaa’a fa’ala, Allah telah mentakdirkan, terserah apa yang diputuskan-Nya’. Karena perkataan seandainya dapat membuka celah perbuatan syaitan.”
(HR. Muslim)

Terkadang kita menghadapi kenyataan yang kita rasa buruk, dan kita begitu menyesal dan tidak ingin kenyataan itu terjadi. Hingga kita ingin "memundurkan waktu" dan "berbuat sesuatu" sehingga hal buruk tersebut tidak terjadi. Kita pun mulai berpikir, membuat skenario-skenario, kalau saja waktu itu demikian, tentunya akan demikian. Atau andaikan saya waktu itu demikian, mungkin akan demikian.


Berbagai film tentang mesin waktu sepertinya berpengaruh juga terhadap pemikiran ini :-)

Padahal, semua sudah Allah takdirkan. Tidak ada gunanya menyesal. Yang sudah terjadi, harus kita terima bahwa memang sudah terjadi. Tidak perlu  menyalahkan diri sendiri, apa lagi menyalahkan orang lain. Apa lagi marah. Allah sudah takdirkan. Kalau kita marah, bukankah berarti kita marah juga pada Allah?

Evaluasi tentu perlu. Untuk perbaikan di masa mendatang. Tetapi, harus dilakukan dengan tenang dan obyektif, bukan dengan kemarahan apa lagi dengan saling menyalahkan.

Lagi pula, yang menurut kita buruk, belum tentu seburuk yang kita perkirakan. Yang menurut kita buruk, tentunya sudah Allah takdirkan sebagai yang terbaik untuk kita.

Jika kita rasanya begitu berat menerima kenyataan itu, yakinlah bahwa Allah tidak mungkin salah ukur, pasti kita mampu menanggungnya. Mintalah kembali pertolongan kepada Allah.

Dan ini bisa diterapkan untuk berbagai hal, dari hal yang kecil, yang terjadi sehari-hari, sampai hal yang besar. Dari kemacetan, anak yang sakit, masalah dengan anak, masalah di pekerjaan, sampai hal-hal yang besar yang berkaitan dengan pernikahan, karir, penyakit serius, dan kematian.

Tetaplah berpandangan positif, melihat ke depan, mencari solusi terbaik dari setiap kondisi yang hadapi.

Semangat! Hidup terlalu singkat untuk diisi dengan penyesalan dan andai-andai :-)

No comments: