Tuesday, September 4, 2012

Menuju Busana Muslimah Sebenarnya

Bertepatan dengan Hijab Day hari ini, pas saya ada sebuah pemikiran tentang busana muslimah..


Buat muslimah yang sudah berbusana muslimah, kita evaluasi yuk, apakah busana muslimah kita sudah benar?

Berbusana muslimah pada dasarnya bukan sekedar menutup kepala dan menutup seluruh tubuh dengan pakaian. Yang terpenting adalah bentuk-bentuk tubuhnya benar-benar tertutup, kecuali bagian-bagian yang memang boleh terbuka, yaitu wajah dan telapak tangan (walaupun ada juga yang mengenakan cadar).

Setelah saya coba renungkan lagi lebih lanjut, sepertinya patokannya jadi mirip dengan ketentuan pakaian shalat ya?

Kalau begitu, kita sudah berbusana muslimah dengan dengan benar, jika kita sudah bisa shalat dengan busana itu, tanpa perlu menggunakan mukena lagi.

Maka, jilbab harus panjang sampai menutupi dada. Maka bawahan sebaiknya bukan celana, tetapi rok. Maka gamis yang longgar itu paling baik. Maka kita perlu menggunakan kaos kaki. Maka baju dan rok yang digunakan sebaiknya yang longgar.

Sudah siapkah kita shalat tanpa mukena? Jika sudah, maka insya Allah busana muslimah kita sudah cukup memenuhi syarat. Jika belum, yuk pelan-pelan diperbaiki J Yang penting menyadari mana yang benar, dan segera memulai mengikut sesuai kemampuan kita. Yuuuuuk :-)

Berikutnya tentang warna dan asesoris dalam berbusana muslimah. 

Kalau kita lihat muslimah di Arab, maka warnanya seragam. Hitam :-)

Dan memang sebenarnya itulah hakikat jilbab atau hijab. Menutupi. Membuat orang lain jadi tidak melihat. Bukan tetap tampil menarik walaupun berjilbab. Bukan tampil dengan warna-warni meriah dengan aneka perhiasan. Hakikatnya adalah menutup.

Untuk tahap awal, tidak apa-apa :-) Namanya juga orang belajar. Tetapi perlu disadari, bagaimana yang seharusnya. 

Mudah-mudahan Allah senantiasa membimbing kita menuju jalan lurus-Nya :-)

No comments: