Thursday, November 22, 2012

Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Seringkali kita menyadari bahwa kita memiliki kebiasaan buruk dan ingin menghentikan kebiasaan buruk tersebut, namun kita merasa "tidak berdaya" untuk menghilangkannya.

Jenis kebiasaan buruk bisa beraneka ragam, dari hal-hal yang buruk untuk kita sendiri (merokok, malas, senang mengemil), hal-hal yang sekedar membuat orang lain tidak nyaman (sering datang terlambat, pelupa, teledor), sampai hal-hal yang membuat orang lain terganggu dan dalan taraf tertentu merupakan keburukan dari sisi agama (pemarah, suka membicarakan orang lain, sering ingkar janji), sampai hal-hal yang benar-benar merupakan pelanggaran dalam agama (selingkuh, mencuri, pornografi).

Yang perlu diyakini adalah bahwa manusia sebenarnya memiliki fitrah untuk menjadi orang baik. Kebiasaan buruk terjadi karena pernah dimulai, terasa menyenangkan, lalu terus dilakukan sampai kita tidak dapat lagi melepaskan kesenangan itu sehingga kebiasan buruk tersebut menjadi sulit untuk ditinggalkan.

Maka, sebenarnya kebiasaan buruk pasti bisa dihilangkan. Pasti. Sekali lagi pasti :-)

Pada dasarnya segala sesuatu yang pernah dimulai, akan bergulir, akan menjadi semakin sering, dengan kadar yang semakin tinggi.

Maka untuk memulai kebiasaan baik, bisa dilakukan dengan bertahap. Karena walaupun dimulai dari hal yang kecil, pelan-pelan akan menjadi makin sering, makin besar, dan kebiasaan baik pun terbentuk.

Tetapi untuk menghilangkan kebiasaan buruk, kita tidak bisa melakukan pendekatan bertahap.

Mengurangi kadar kebiasaan buruk, dampaknya bukan semakin lama semakin berkurang. Arah guliran adalah semakin sering, semakin besar.

Maka kebiasaan buruk harus ditinggalkan seketika. Tinggalkan. Tinggalkan begitu saja. Jangan pernah memulainya kembali, jangan pernah mendekatinya lagi, jangan pernah memikirkannya lagi. Tinggalkan. :-)

Hasil browsing dari Mbah Google, ada beberapa cara yang bisa dicoba, semoga efektif. Selamat meninggalkan kebiasaan buruk :-)

http://www.annida-online.com/artikel-5321-13-jurus-menghilangkan-kebiasaan-buruk---.html
http://erabaru.net/kehidupan/72-tips/29311-bagaimana-menghilangkan-kebiasaan-buruk
http://dimasrlp.wordpress.com/2009/02/01/mengatasi-perang-batin-untuk-menghilangkan-kebiasaan-buruk/

No comments: