Friday, November 2, 2012

Menjaga Lisan



Kajian muslimah Jumat ini disampaikan oleh Ustadzah Badriyah, tentang menjaga lisan, yang terdiri dari 13 point berikut. 
  1. Adab bertamu adalah membuat perjanjian terlebih dahulu. 
  2.  Menghindari berdebat, terutama jika tidak dalam tujuan mencari solusi, misalnya antara suami-istri, anak-orang tua.
  3.  Berhati-hati dalam berkata-kata, terutama ketika haji, orang tua kepada anak.
  4.  Menghindari pertengkaran, karena bagi mereka yang menahan nafsu, maka surga baginya. Tindakan yang diambil ketika emosi, hasilnya biasanya tidak baik. Suami istri jika bertengkar jangan sampai terlihat oleh anak-anak.
  5.  Menekan ucapan, jangan dibuat-buat.
  6.  Banyak bersyukur. Wanita banyak di neraka karena sering kurang bersyukur. Bersyukurlah atas kebaikan suami sekecil apa pun.
  7.  Berhati-hati dalam bersenda gurau, jangan terlalu berlebihan, dan jangan tertawa berlebihan.
  8.  Jangan mencela atau mencemooh orang lain, karena bisa jadi orang tersebut lebih baik dari kita. Termasuk dalam bersenda gurau.
  9.  Jangan membicarakan orang lain, dalam Al Qur’an diibaratkan seperti memakan daging saudaranya yang sudah membusuk. Baik kejadiannya benar maupun tidak benar, tetap tidak boleh membicarakan orang lain.
  10.  Jangan menyebarkan rahasia
  11.  Tutupi aib orang lain, maka Allah akan menutupi aib kita.
  12.  Bicarakan yang baik-baik, jadikan orang senang berteman dengan kita. Karena kita tidak pernah membicarakan kekurangan mereka.
  13.  Jika ada yang sedang membicarakan orang lain, kita dapat menegur dengan baik jika kita mengenal orang-orang yang sedang berbicara itu dan situasi memungkinkan. Jika kita tidak mampu, atau dapat menimbulkan hal yang tidak baik, lebih baik menghindar.

No comments: