Wednesday, November 7, 2012

Siap Rawat Gabung (Rooming In)?



Saat ini saya sedang hamil sekitar 20 minggu. Kehamilan sebelumnya sudah cukup lama, 4-11 tahun yang lalu, sehingga banyak “trend” yang sudah berubah, yang Alhamdulillah ke arah yang baik.

4 tahun lalu sudah mulai trend IMD dan ASI Eksklusif. Dokter mendukung IMD, suster tidak menawarkan susu formula, kantor menyediakan ruang pompa ASI, sharing milis tentang persiapan ASI eksklusif  untuk ibu bekerja sangat banyak. Alhamdulillah anak saya yang ketiga bisa ASI sampai 2 tahun, berbeda dengan dua kakaknya yang hanya kenal ASI sampai 3-4 bulan saja, di masa “kegelapan” 10-11 tahun yang lalu.

Sejalan dengan program ASI Eksklusif, maka sekarang semakin digalakkan rawat gabung (rooming in). Yaitu bayi dirawat dalam kamar yang sama dengan ibu, untuk memastikan ibu dapat memberikan ASI sesering yang bayi butuhkan. Tidak perlu menunggu bayi menangis terlalu lama, yang malah akan menyulitkan bayi yang masih belajar menyusui. Keterikatan ibu dan bayi pun lebih cepat terjalin, karena interaksi yang lebih intensif.

Sebenarnya, dari dulu pun sudah ada mekanisme rawat gabung, tetapi sepertinya belum terlalu digalakkan. Terbukti 3 anak saya tidak ada yang rawat gabung. Apa saya yang kurang aktif meminta ya?

Jika dibandingkan dengan rawat terpisah, maka ada konsekuensi dari rawat gabung. Yaitu, ibu harus menangani sendiri seluruh kebutuhan bayinya, tidak hanya ASI. Ibu harus mengganti popok ketika bayi BAK dan BAB,  bahkan harus memandikan bayi. Ada beberapa RS yang tetap membolehkan suster membantu mengganti popok dan memandikan bayi, tetapi ada yang “full lepas tangan” :-)

Untuk yang full lepas tangan, mungkin akan memberatkan untuk ibu yang baru melahirkan ya? Apa lagi masih kesakitan dan lelah seusai melahirkan dan banyak tamu yang datang menjenguk.

Saya agak “tegang” juga menghadapi kelahiran anak saya nanti. Apakah saya akan rawat gabung? Atau tidak? Kalau ya, bisakah saya? Apa lagi usia sudah senja *halah :-) Mungkin saya ajak babysitter untuk ikut menginap di RS ya? *dasar ibu pemalas :-)

Kita tunggu saja 4-5 bulan ke depan yaa :-)

Ada yang punya pengalaman rawat gabung? Boleh dooong di-share.. 

Sharing pengalaman yang bagus-bagus supaya ibu-ibu termotivasi :-) Atau yang jelek juga ngga apa-apa, supaya  para ibu siap dengan berbagai kondisinya.. :-)

No comments: