Thursday, August 9, 2012

Mama, Teruslah Bersemangat

Jadi Mama memang seru :-) Apa lagi Mama yang kerja di kantor seperti saya.

Kadang pagi terburu-buru berangkat, sehingga "sedikit ribut" dengan anak-anak. Pulang kantor lelah, "sedikit ribut" lagi sama anak-anak. Kasian juga anak-anak. Ketemu cuma pagi dan malam, isinya "sedikit ribut" terus. Dan padahal sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.

Padahal, kenapa pagi harus terburu-buru? Tenang saja, perbedaan lima sampai sepuluh menit tidak akan berpengaruh banyak untuk kinerja di kantor. Apa lagi kantor saya waktunya fleksibel. Dan sebenarnya jadwal bisa diatur ulang, sehingga waktu terasa lebih luang.  Tapi, semoga saja tidak, "sedikit ribut" itu bisa mempengaruhi mood anak hari itu, atau malah berdampak secara jangka panjang.

Dan, kenapa malam hari harus merasa capek? Ayo bangkitkan rasa bersemangat karena bertemu dengan anak-anak. Ngga lama lagi mereka SMA, kuliah, kerja, menikah, kita akan kehilangan masa "direpoti" mereka.

Untuk yang pagi sepertinya lebih mudah ya. Tinggal mengubah "cara berpikir dan persepsi". Yang malam yang sepertinya cukup sulit. Karena fisik yang lelah sulit untuk "dibuat-buat" tidak lelah. Tapi, saya baru ingat, sebenarnya fisik juga sangat bisa dipengaruhi pikiran. Ketika kita merasa sehat, kuat, bersemangat, maka fisik akan menyesuaikan. Coba deh :-)


Hal lain yang juga bisa berpengaruh adalah kekesalan pada hal lain, misalnya macet, asisten rumah tangga, pekerjaan, bos, dll, yang terbawa sampai ke rumah. Dan anak ikutan "terkena akibatnya".  Untuk ini kita harus pandai-pandai "mengelola hati". Yang terbaik adalah tidak perlu kesal atau marah. Karena biasanya kalau sudah terlanjur marah, mungkin karena marah ini "membakar seperti api", begitu terpicu dia akan menyambar ke mana-mana. Atauuuu.. kalau memang sudah terlanjur kesal dan marah, fokuskan pada hal yang memang menjadi sebab, tidak perlu jadi merembet ke mana-mana.

Yuk, kita ubah saat-saat berjumpa dengan anak-anak menjadi saat terindah. Semoga bermanfaat untuk mereka kelak.

Mungkin awalnya terasa sulit. Tapi mudah-mudahan kalau sudah terbiasa, mudah-mudahan terasa mudah. Pasang senyum, pasang semangat, go meet your kids happily, and eventually you will be having happy kids! :-)

No comments: