Thursday, August 30, 2012

Tips Shalat Khusyu’ : Penuhi Pikiranmu!



Kita sering membaca berbagai tips untuk shalat khusyu', berikut ada pembahasan yang cukup menarik, tentang shalat khusyu' dan kaitannya dengan bisikan setan dalam shalat serta cara otak kita bekerja.
 
Tulisan ini merupakan terjemahan bebas dari email yang saya terima dari http://understandquran.com, dari Dr Abdulazeez Abdulraheem, dengan judul asli “Don’t complain of Shaitan whispering, if you..”

Semoga bermanfaat.

==

Semua manusia mengalami gangguan dalam kekhusyu’an shalat, yang ditimbulkan oleh bisikan setan. Namun kita sedemikian terbiasa dengan kondisi tersebut, sampai akhirnya kita berhenti berusaha mencari solusinya.

Agar shalat dapat dilakukan dengan khusyu’, kita harus menutup seluruh pintu dan jendela pikiran kita dari kemungkinan masuknya setan.

Otak kita dapat mengerjakan paling tidak 5 hal secara bersamaan dalam satu waktu. Misalnya ketika kita sedang mengendarai mobil, maka secara bersamaan kita melakukan hal-hal berikut :
1.       Mengendalikan kemudi mobil
2.      Menekan dan melepaskan rem
3.      Berbicara dengan teman
4.      Memperhatikan situasi jalan
5.      Berpindah jalur
6.      Menghindar dari pejalan kaki dan kendaraan lainnya
Dan seterusnya.

Jika dalam shalat kita hanya membaca Al Qur’an / bacaan shalat saja, maka saat itu kita hanya menggunakan 1 kanal saja dari 5 kanal otak kita yang sebenarnya bisa bekerja bersamaan.

Mungkin ada yang pernah mendengar ungkapan : Pikiran kosong manusia adalah ruang kerja bagi setan. Maka yang sebenarnya lebih tepat adalah : Kanal pikiran kosong manusia adalah ruang kerja bagi setan.

Ketika kita biarkan 4 kanal tersebut terbuka untuk setan, apakah setan akan membiarkan kita shalat dengan benar? Tidak! Setan akan melakukan apa saja untuk menghancurkan shalat kita! Dia akan mengingatkan kita pada berbagai hal, selama kita shalat. Paling tidak pikiran kita akan teralih ke gangguan kecil seperti suara orang batuk atau suara kendaraan di luar. Dan perlahan-lahan setan akan mengajak kita keluar dari shalat kita!

Lalu, bagaimana solusinya?
Solusinya adalah, kita harus mengisi seluruh kanal pikiran tersebut? Bagaimana caranya?

     1.  Bacalah Al Qu’ran / bacaan shalat
     2.  Pahami bacaan yang kita baca
     3.  Bayangkan bacaan yang kita baca
     4.  Rasakan bacaan yang kita baca
     5.  Berinteraksi dengan bacaan yang kita baca

Jika kita belum melakukan kelima hal tersebut, maka artinya kita sudah mengundang setan untuk berbisik pada kita, tidak ada gunanya kita mengeluh tentang godaan setan itu. 

Maka yang terpenting adalah kita memahami Al Qur’an. Di website understandingquran.com terdapat kursus yang dapat membantu hal tersebut, lebih dari sekedar belajar Bahasa Arab.

Kita harus terus belajar untuk memperbaiki shalat kita.

With best wishes and prayers,
Dr Abdulazeez Abdulraheem

==

Ayo belajar Bahasa Arab, baca Al Qur'an dengan artinya, berusahalah memahami seluruh bacaan shalat. Boleh coba ikut kursus di website tersebut, atau cari kursus lain, atau paling tidak belajar sendiri dengan berbagai sumber yang sudah sangat banyak tersedia. 

Semoga Allah senantiasa membantu kita untuk memperbaiki shalat kita, sebagai amal utama kita untuk menghadap-Nya nanti.

Aamiin ya rabbal 'aalamiin..

No comments: