Monday, April 2, 2012

Memori Lagu Al Qur’an

Mungkin pernah mengalami, ketika kita sedang berada dalam suatu kondisi atau suasana hati, tanpa kita sadari kita menyanyikan sebuah lagu, yang ternyata isinya mirip dengan kondisi dan suasana hati yang kita alami.

Misalnya, ketika kita sedang gembira, kita menyanyikan lagu “Di Sini Senang, Di Sana Senang”. Atau ketika dalam menjelang long week end, kita menyanyikan lagu “Libur Tlah Tiba”. Atau ketika sedih, kita menyayikan lagu “Kisah Sedih di Hari Minggu”. Maaf kalau judul-judul lagunya ada yang kurang dikenal, mungkin karena perbedaan generasi :-)

Anyway busway, mudah-mudahan bisa ditangkap maksudnya yaa..

Kalau kita pikirkan lebih jauh, kejadian ini bisa dibilang cukup ajaib.

Artinya lagu yang kita ingat itu, tersimpan sedemikian kompleks dengan data yang lengkap termasuk suasana hati yang relevan dengan isinya. Dan kita mengalami suasana hati dan kondisi yang mirip, lagu itu dengan sendirinya terakses.

Ajaib kan?

Tapi, sayangnya, kalau dengan lagu, keajaiban hanya berhenti sampai di situ.

Dengan menyanyikan lagu, kita hanya dapat “mengakses data” isi lagu itu saja. Titik. Senang berhenti di senang, libur berhenti di libur, sedih berhenti di sedih. Atau, bisa juga menjadi semakin bertambah. Kalau senang jadi makin senang, cukup positif,walaupun bisa jadi senang berlebihan  Yang parah kalau sedih jadi makin sedih, akan membuat makin terpuruk.

Alangkah indahnya, kalau keajaiban ini kita lanjutkan dengan solusi dan tuntunan Allah untuk kondisi itu.

Alangkah indahnya, kalau memori lagu yang kita punya adalah memori lagu Al Qur’an yang kita pahami maknanya, yang juga tersimpan dalam hati kita lengkap dengan suasanan hati yang relevan.

Sehingga ketika kita senang, muncul ayat Al Qur’an tentang kesenangan dunia, dan juga peringatan untuk senantiasa bersyukur, dan tidak terlena dengan kesenangan. Ketika sedih, otomatis terucap ayat agar kita tidak perlu bersedih, bahwa Allah selalu bersama kita, bahwa kita selalu bisa memohon pertolongan pada-Nya, agar kita senantiasa bersabar dan berdoa.

Bagaimana, indah ya?

Semoga kita bisa mulai mengisi hati kita dengan memori lagu Al Qur’an agar Al Qur’an menjadi teman sejati kita di segala kondisi yang kita hadapi, dan mendapat petunjuk solusi dari setiap kondisi itu.

No comments: