Saturday, April 30, 2011

Kisah Kehidupan Perbankan-ku

Kali ini saya bahas tentang bank-bank yang pernah saya coba untuk punya rekening di sana, serta kelebihannya. Kekurangannya saya nggak bahas, nanti jadi keluhan pelanggan :-)

Bank pertama saya adalah Bank Duta, di tahun 1994. Kenapa saya pilih Bank Duta? Karena dekat dengan kampus, dan uang yang saya tabung berasal dari kerja saya sebagai asisten di kampus :-) Saya tidak terlalu banyak mengeksplorasi layanan Bank Duta, karena dulu ke bank hanya menabung, dan tarik. Tapi yang saya ingat, suasana banknya bersahabat, ada minum, ada permen. Setelah lulus, karena saya tidak lagi dekat Bank Duta, rekening saya tutup.

Bank kedua adalah BCA di tahun 1996. Hehe, mungkin hampir semua orang punya rekening BCA ya? BCA kerennya adalah ketika ada internet banking-nya. Bisa transfer via internet, walaupun loading di rumah bisa lamaaa :-D Rekening BCA masih saya pertahankan sampai sekarang, untuk transfer dengan sesama BCA, walaupun sudah berganti-ganti nomer rekening karena pindah cabang :-)

Bank ketiga adalah BNI di tahun 1997. BNI kerennya adalah Phoneplus. Kita bisa transfer melalui telepon. Tapi saya tutup rekening BNI karena lokasi bank yang jauh dengan kantor saya.

Bank keempat adalah Bank BDN di tahun 1998, dibukakan oleh kantor, untuk rekening gaji. Sekarang berubah nama menjadi Bank Mandiri. Cukup keren dengan internet banking-nya plus bank-nya ada di kantor. Sebenarnya gaji saya saat ini sudah tidak ke rekening Mandiri lagi, tapi rekening ini tetap saya pertahankan karena mudah untuk transfer dengan sesama nasabah Mandiri.

Bank kelima adalah Bank Niaga, di tahun 1999. Bank ini juga dibukakan oleh kantor untuk rekening gaji ketika saya pindah lokasi tugas ke Surabaya. Ini salah satu bank favorit saya. Nanti saya cerita khusus tentang bank ini ya. Di tahun 2004, muncul Bank Niaga Syariah, maka saya pindahkan rekening Bank Niaga saya ke Bank Niaga Syariah.

Bank keenam adalah Bank Danamon di tahun 2000, yang saya buka karena ipar bekerja di sana. Namun akhirnya saya tutup karena lokasi kantor cabang yang jauh dari kantor.

Bank ketujuh adalah Bank Syariah Mandiri di tahun 2001. Saya buka karena saya memang menunggu-nunggu adanya Bank Syariah. Saya khusus buka ke Bandung ketika saya cuti melahirkan di Bandung. Setelah itu saya buka lagi rekening di Jakarta. Ini juga salah satu bank favorit saya, yang nanti akan saya ceritakan khusus.

Hehe, begitulah kisah kehidupan perbankan saya.. Apa ada yang punya kisah mirip? Ditunggu sharing-nya yaa :-)

No comments: