Tuesday, May 17, 2011

Dari @tahajud : Kiat Mudah Tahajud

Pagi ini baru menemukan twitter account yang sangat bermanfaat, yaitu @tahajud. Kalau ada yang punya account twitter, follow deh!

Dan pas pagi ini di sana ada 15 Kiat Mudah Tahajud #mudahtahajud yang sangat jelas dan implementatif. Saya copy paste di sini ya, dengan penyesuaian ejaan. Oya maaf saya tidak berhasil menemukan awal Kiat 5-nya, jadi saya langsung tuliskan sebagian akhirnya.

Satu lagi, di paling bawah saya tambahkan 1 kiat khusus untuk muslimah, semoga bermanfaat.

--- start copy paste ---

KIAT 1: Biasakan tidur di awal waktu, jangan bergadang untuk hal-hal yang tidak penting, yang akhirnya hanya akan membuat mata kita terlampau lelah dan mengantuk untuk bangun di 1/3 malam.

KIAT 2: Bersungguh-sungguhlah mengamalkan adab-adab sebelum tidur. Biasakan berwudhu, berdzikir, dan berdoa sebelum tidur. Jangan tidur dalam keadaan berhadats (terutama hadats besar), karena hal ini akan menimbulkan kemalasan di waktu bangun malam.

KIAT 3: Janganlah paranoid dan menganggap bahwa bangun di 1/3 malam untuk melakukan Tahajud itu sebagai pekerjaan yang berat. Karena pemikiran semacam itu dapat melemahkan niat dan tekad untuk melakukan shalat Tahajud.

KIAT 4: Senantiasa menjaga keikhlasan ketika berniat untuk bangun malam dan melakukan shalat Tahajud. Niat yang ikhlas, insyaallah akan meringankan pekerjaan yang semula tampak berat.

KIAT 5 : .... (Tidak ketemu tweet-nya) maka kita akan dapat menentukan jam berapakah kita harus mulai tidur, sehingga kita akan bangun tepat di 1/3 malam.

KIAT 6: Jika memang memungkinkan, jangan lupa untuk melakukan tidur siang.

KIAT 7: Jangan lupa untuk senantiasa memasang alarm, dan letakkan alarm tersebut di tempat yang jauh dari jangkauan tangan namun tetap dapat terdengar dengan jelas (keras) oleh telinga. Dengan demikian, mau tidak mau kita akan bangkit dari tempat tidur untuk mematikannya manakala alarm tersebut berbunyi.

KIAT 8: Programlah aktivitas siang hari Anda dengan seefisien & seefektif mungkin, sehingga tidak kelelahan untuk bangun di 1/3 malam. Hindari kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting, yang akan menguras stamina Anda.

KIAT 9: Tanamkanlah kesadaran bahwa Anda memiliki kebutuhan jasmani dan ruhani yang harus Anda penuhi keduanya dengan seimbang, tidak berat sebelah.

KIAT 10: Motivasi diri Anda untuk bangun malam dengan cara mempelajari dan mengingat betapa besar keutamaan-keutamaan yang terdapat di dalam shalat Tahajjud.

KIAT 11: Tanamkan rasa rindu untuk senantiasa bermunajat dan berkhalwat (berduaan) dengan Allah ta’ala.

KIAT 12: HINDARI MAKSIAT. Karena, maksiat adalah sumber lemahnya kadar iman dan ibadah kita kepada Allah ta’ala. Sufyan ats Tsauri berkata: “Aku sulit sekali melakukan qiyamullail selama 5 bln,disebabkan 1 dosa yg aku lakukan.

KIAT 13: Janganlah makan malam terlampau kenyang, karena perut yang kenyang akan memberikan efek mengantuk dan malas.

KIAT 14: Jika Anda telah berkeluarga, Anda dapat membuat kesepakatan dengan anak dan istri berupa program Tahajud bersama. Misalnya setiap tiga kali dalam sepekan keluarga melakukan shalat Tahajud secara bersama.

KIAT 15: Jangan lupa untuk senantiasa berdoa dan memohon kepada Allah ta’ala agar diberikan kemudahan untuk bangun malam dan melakukan shalat Tahajud dengan ikhlas dan khusyuk.

--- end copy paste ---

Tambahan dari saya, khusus untuk muslimah :
Walaupun sedang haid, usahakan untuk tetap bangun di 1/3 malam agar ritme tubuh tetap konsisten. Gunakan waktu tersebut untuk berdoa, membaca Al Qur'an, atau menghafal Al Qur'an.

Demikian, semoga bermanfaat, dan semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita untuk menjalankannya.

No comments: