Wednesday, June 8, 2011

Waktu Luang di Kantor

Beberapa hari terakhir ini waktu saya di kantor sedang sangat luang.
Tugas utama saya bersifat periodik, 6 bulan sekali, dengan durasi sekitar 3 bulan. Sehingga saya hanya sangat sibuk selama 6 bulan. Ada tugas-tugas lain, tetapi sifatnya tidak rutin.

Sehingga seperti saat ini, saya sedang tidak ada pekerjaan :-)

Dulu saya sering kesal dengan teman yang mengeluh tidak ada pekerjaan. Karena menurut saya, pekerjaan pasti bisa di-create. Yang paling mudah adalah merapikan dokumentasi. Merapikan file di komputer ke dalam folder-folder, merapikan email juga ke dalam folder-folder, serta merapikan dokumen-dokumen hardcopy, termasuk memusnahkan yang sudah tidak terpakai. Berikutnya, jika kita punya data yang perlu dipantau, kita bisa rutin memantau berbagai data. Berikutnya lagi, menciptakan hal baru yang bermanfaat bagi perusahaan.

Dan seharusnya, jika kita telah ditetapkan oleh Allah untuk bekerja di suatu tempat, pasti ada pekerjaan di tempat itu. Pasti.

Itu prinsip saya sebenarnya.

Tetapi setelah saya jalani pekerjaan baru saya ini, ternyata memang ada waktu-waktu yang benar-benar kosong. Ketika semua file sudah rapi di dalam folder di komputer, ketika semua email juga sudah rapi di dalam folder, ketika semua file hardcopy juga sudah rapi. Ketika semua data sudah ada yang meng-handle. Ketika semua sistem sudah berjalan. Rasanya tidak ada lagi yang bisa dikerjakan :-)

Atau saya kurang gigih mencari ya?

Maka saya mengisi waktu dengan menulis blog. Tadinya saya menganggap bahwa menulis blog di jam kerja adalah suatu pelanggaran. Karena melakukan non pekerjaan di waktu kerja.

Namun, daripada waktu saya terbuang percuma? Alangkah sayangnya.

Maka saya memohon kepada Allah, semoga apa yang saya lakukan ini Allah ridhai, karena bukan hal yang tidak bermanfaat, walalupun merupakan hal non pekerjaan yang dilakukan di waktu kerja.

Semoga..

Oh, akhirnya saya ada ide, yaitu melihat laporan triwulan perusahaan dan kompetitor, untuk memahami situasi perusahaan saat ini.

Baiklah, sementara menulis blog-nya istirahat dulu kalau begitu :-)

No comments: