Friday, June 17, 2011

Amalan Apa yang Sudah Dilakukan?

Tadi pagi saya mengambil raport anak-anak saya. Alhamdulillah bagus-bagus raport mereka.

Pembahasan dilakukan dengan guru kelas, awalnya biasa saja, tentang proses belajar belajar, masukan untuk perbaikan, baik untuk pelajaran maupun aspek mental.

Sebelum berakhir, tiba-tiba salah satu guru mengajukan pertanyaan yang sangat sulit saya jawab, “Bu, anak Ibu prestasinya sangat baik. Kalau Ibu menanyakan masalah, Insya Allah sama sekali tidak ada masalah. Justru kami ingin belajar dari Ibu, apakah ada amalan apa yang sudah Ibu lakukan?”

Waduh, langsung saya kebingungan. Amalan apa ya? Pada dasarnya saya memang sulit menjawab pertanyaan yang tiba-tiba. Tapi ini jauh lebih sulit lagi.

Akhirnya saya jawab secara umum saja, bahwa pada dasarnya, segala sesuatu kebaikan yang kita lakukan insya Allah akan Allah balas dengan kebaikan. Dan sebaliknya, segala sesuatu keburukan, juga akan berdampak buruk bagi kita. Kebaikan dan keburukan ini dalam konteks yang sangat luas, dari hal yang kecil sampai hal yang besar, untuk segala urusan kita.

Maka, saya sampaikan bahwa jika ada masalah, kita perlu terus berintrospeksi, barangkali ada kesalahan yang kita lakukan. Jika kita terus melakukan kebaikan, insya Allah, Allah akan mudahkan dan selesaikan semua persoalan dan urusan.

Sang guru pun mengangguk-angguk dan mengucapkan terima kasih atas “wejangan” saya itu.

Setelah selesai pembahasan tadi, saya berpikir-pikir lagi, sepertinya saya belum menjawab pertanyaan Pak Guru :-)

Sepertinya yang diharapkan adalah detil amalan apa yang telah dilakukan. Setelah saya coba kumpulkan kembali dari pengajian dan referensi, ada beberapa amalan yang sebaiknya rutin dilakukan. Saya coba share di sini yaa.. Mudah-mudahan Allah beri kemudahan buat kita semua untuk melakukannya..

Pertama, setelah bangun pagi, di rumah :
a. Shalat tahajjud, sambil melancarkan hafalan, dan memanjatkan doa.
b. Shalat sunnah sebelum subuh, shalat subuh
c. Dzikir pagi
d. Membaca Al Qur’an (kadang digantikan dengan melancarkan hafalan)
e. Sedekah pagi

Kedua, berangkat ke kantor, di perjalanan :
a. Melancarkan hafalan atau membaca buku

Ketiga, di kantor :
a. Shalat dhuha
b. Mendengarkan murattal di komputer kantor untuk melancarkan hafalan
c. Shalat sunnah sebelum dzuhur, shalat dzuhur, shalat sunnah setelah dzuhur
d. Shalat asar

Keempat, pulang ke rumah, di perjalanan :
a. Dzikir petang
b. Melancarkan hafalan atau membaca buku

Kelima, di rumah :
a. Shalat maghrib, shalat sunnah setelah maghrib
b. Melancarkan hafalan
c. Shalat isya, shalat sunnah setelah isya
d. Tidur

Dan di luar jadwal-jadwal tersebut, ada beberapa komitmen yang sebaiknya diusahakan agar terjaga :
1. Meminimalkan menghabiskan waktu untuk yang tidak bermanfaat (menonton TV, browsing internet, facebook, twitter, ngobrol, jalan-jalan ke mall).
2. Mengusahakan untuk menjaga wudhu.
3. Meminimalkan komplain dan marah.

Demikian sharing kali ini, semoga ada yang dapat mengambil manfaatnya :-)

No comments: