Friday, June 3, 2011

Bank Favorit Saya : CIMB Niaga Syariah

Kali ini saya akan bercerita tentang bank favorit saya yang lain yaitu CIMB Niaga Syariah.

Sebagaimana saya pernah ceritakan sebelumnya, saya berkenalan dengan bank ini di Surabaya. Dulu namanya masih Bank Niaga, dan belum ada unit syariah.

Tadinya saya tidak pernah terpikir untuk membuka rekening di Bank Niaga. Menurut saya bank ini terlihat kecil, cabangnya jarang ada. Ada teman kuliah saya yang punya rekening Bank Niaga, menurut saya hal itu amat sangat aneh :-)

Sampai akhirnya saya pindah kerja ke Surabaya, saya wajib membuka rekening Bank Niaga, karena transfer gaji dilakukan ke Bank Niaga. Dan karena suami saya juga punya rekening Bank Niaga, saya pun keterusan punya rekeningnya sampai sekarang.

Ternyata Bank Niaga menjadi bank favorit saya.

Yang saya suka dari Bank Niaga terutama adalah fleksibilitasnya. Jika kita perlu berurusan dengan bank, dan ada dokumen yang tidak kita bawa, petugas customer service dan teller-nya selalu memiliki solusi sehingga kita merasa nyaman dan tidak direpotkan.

Contoh terakhir yang pernah saya alami adalah ketika saya akan memperpanjang kartu ATM, tetapi saya lupa membawa buku tabungan. Kalau di bank lain, biasanya kita akan “diusir” pulang, diminta untuk mengambil buku tabungan, dan datang lagi untuk mengulang permintaan tersebut. Bank Niaga berbeda. Permintaan kita tetap diproses, petugas customer service nya pun tetap tersenyum dan berkata, “Baik, tidak apa-apa Ibu.” Namun, setelah proses selesai, petugas customer service tersebut berkata, “Ibu, biasanya kami ada ATM Instan, yang bisa langsung selesai saat ini juga. Namun mohon maaf, kali ini ATM Instannya sedang kosong. Sehingga Ibu kami berikan ATM biasa, yang ada namanya. Prosesnya sekitar 3 hari. Nanti Ibu mohon datang lagi ya Bu. Dan nanti ketika datang, tolong dibawa buku tabungannya.”

Saya jadi berpikir, entah pikiran saya ini benar atau tidak, bahwa sebenarnya untuk membuat ATM memang memerlukan buku tabungan, tapi petugas customer service sedemikian rupa menyampaikan, sehingga kita tetap merasa nyaman.

Bank Niaga pun termasuk yang terdepan dalam teknologi. Bank Niaga termasuk bank yang paling awal menyediakan layanan transfer via Phone Banking, walaupun hanya untuk antar rekening Bank Niaga. Internet Banking-nya pun termasuk canggih, yang termasuk awal untuk bisa transfer antar bank, walaupun masih kliring. Metode PIN-nya juga keren, yaitu dikirim melalui SMS, sehingga tidak perlu mengambil token ataupun print-an kode.

Semakin keren lagi, setelah dibukanya unit syariah, sehingga saya pun memindahkan rekening Niaga konvensional saya ke Niaga Syariah. Dan untuk rekening syariah, semua layanan Niaga tetap dapat dinikmati. Kita pun dapat melakukan berbagai transaksi di cabang Niaga konvensional.

Dan perkembangan terakhir yang fenomenal di tahun ini adalah, transfer antar bank di internet banking-nya sudah dapat dilakukan secara online, menggunakan jaringan ATM Bersama dan Prima. Ini dia yang saya tunggu-tunggu.

Tinggal satu lagi yang saya tunggu, yaitu pembukaan cabang di dekat kantor saya :-) Dulu pernah ada, tetapi ditutup. Mudah-mudahan kapan-kapan dibuka lagi.

No comments: