Friday, June 3, 2011

Mengenang Ustadzah Yoyoh Yusroh

Pengajian Jumat kali ini berisi beberapa pesan dari Ustadzah Nani, mengenang almarhumah Ustadzah Yoyoh Yusroh.

Hendaklah kita memilih kawan yang baik, karena kebaikan akan menular. Namun kita tidak perlu membatasi berkawan dengan orang yang miskin, karena kemiskinan tidak menular.

Ketika ujian terasa berat, sabarlah, yakinlah bahwa akan segera berlalu. Berbuatlah baik kepada suami dan anak-anak. Kokohkan keluarga.

Rekomendasi Buku : Kitab Ar Ruh, Ibnu Qayyim Al Jauziyah.

Jika kita orang yang baik, malaikat maut akan menjemput dalam bentuk orang yang tampan, harum, dan dengan senyum. Ia pun mencabut nyawa dengan lembut, seperti rambut dari tepung terigu, atau air dari teko. Di dalam kubur kita dibukakan jendela, dan kita dapat melihat surga, dan anginnya dapat kita rasakan, kita ditemani oleh teman yang cantik, yaitu amal soleh kita.

Jika amal kita buruk, nyawa dicabut dengan rasa sakit 300 kali tusukan pedang. Di dalam kubur yang sempit, ditemani orang yang buruk, berbau, yang merupakan amal buruk kita. Jendela yang terbuka menampakkan neraka tempat kita berakhir nanti.

QS 22 : 47 : Sungguh sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.
QS 20 : 104 : Kamu tidak berdiam (di dunia) melainkan hanya sehari saja.

Baca buku yang bermanfaat, perdengarkan Al Qur’an di rumah, makan makanan yang sehat, perbanyak sayur dan buah.

Kisah Rasulullah ketika ada rombongan jenazah yang melewati beliau, beliau bertanya, seperti apakah orang itu dahulunya. Orang-orang pun menjawab bahwa dia adalah orang baik, maka Rasulullah pun berkata “Wajib.”
Kemudian lewat lagi rombongan jenazah lain, beliau pun bertanya lagi, beliau bertanya, seperti apakah orang itu dahulunya. Orang-orang pun menjawab bahwa dia adalah orang buruk, maka Rasulullah pun berkata “Wajib.”
Sahabat bertanya, apakah artinya Rasulullah berkata “Wajib” pada kedua situasi tersebut?
Rasulullah pun menjelaskan, jika ada orang yang wafat, dan orang berkata baik tentang orang tersebut, maka wajib baginya surga. Dan jika ada orang yang wafat, dan orang berkata buruk tentang orang tersebut, maka wajib baginya neraka.

Jaga kesehatan fisik, ruhiyah, pupuk kegigihan, dan melihat ke masa depan
Action, amal soleh. Kalau tidak, kita rugi. Jika ada yang jahat pada kita, kita berbuat baik. Jika ada yang baik, kita berbuat lebih baik lagi.

QS 2: 153 : Meminta tolonglah dengan kesabaran dan solat.
QS 3 : 185 : Semua yang hidup akan mati

No comments: