Wednesday, June 22, 2011

Hadits Berbuat Baik kepada Orang Tua

Dari Abu Abdurrahman bin Mas’ud ra., ia berkata :
Saya bertanya kepada Nabi saw. :
“Amal apakah yang paling disukai oleh Allah Ta’ala ?”
Beliau menjawab : “Salat pada waktunya."
Saya bertanya lagi : “Kemudian apa ?”
Beliau menjawab : “Berbuat baik kepada kedua orang tua."
Saya bertanya lagi : “Kemudian apa ?”
Beliau menjawab : “Berjihad (berjuang) di jalan Allah.”

(HR. Bukhari dan Muslim)


Dari Abu Hurairah ra., ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : “Seseorang tidak dapat membalas budi kedua orang tuanya, kecuali jika mendapatkan orang tuanya menjadi budak, kemudian ia beli dan memerdekakannya.”

(HR. Muslim)


Dari Abu Hurairah ra., ia berkata : “Kali tertentu seorang lelaki datang kepada Rasulullah saw. lalu bertanya : “Wahai Rasulullah, siapakah yang paling berhak aku pergauli dengan baik ?” Rasulullah menjawab : “Ibumu !” Lalu siapa ?” Rasulullah menjawab : “Ibumu !” Lalu siapa ?” Rasulullah menjawab : “Ibumu !” Sekali lagi orang itu bertanya : “Kemudian siapa ?” Rasulullah menjawab : “Bapakmu!”

(HR. Bukhari dan Muslim)


Dari Abu Hurairah ra., dari Nabi saw., beliau bersabda : “Sungguh hina, sungguh hina, dan sungguh hina, orang yang salah satu atau kedua orang tuanya masih hidup, ia tidak bisa masuk surga

(HR. Muslim)


(Sumber : Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi Bab Berbuat Baik Kedua Orang Tua dan Bersilaturahim)

2 comments:

bunda kanaya said...

tfs ya....

salam kenal bunda, saya link ya

^_*

bunda khadijah said...

Salam kenal juga bunda kanaya..

Silakan bunda..
Terima kasih sudah mampir dan nge-link :-)

Salam,
Meutia