Thursday, July 14, 2011

Hati-hati, Semua Akan Bergulir..

Pernah mencoba memulai sesuatu, yang berawal dari suatu aktivitas kecil, ternyata berkembang, melebar dan mendalam? Semakin intensif juga ekstensif? Ada enrichment juga enlargement? :-D

Dan hal ini berlaku untuk aktivitas yang baik maupun aktivitas yang kurang baik.
Kita coba contoh aktivitas yang baik ya. Misalnya kita coba hadir sekali ke pengajian hari Jumat di kantor. Keberangkatan pertama biasanya amat sangat sulit sekali banget :-) Tidak terbayangkan nanti akan ketemu siapa, harus bersikap bagaimana, bawa mukena sendiri atau mukena mushalla, makan dulu atau tidak, dll, dsb :-)

Tapi setelah keberangkatan pertama, ketika datang lagi hari Jumat, rasanya sudah lebih ringan untuk berangkat. Dan berlanjut ke Jumat – Jumat berikutnya.
Dari sana, akan ada informasi tentang pengajian di hari-hari lain, kita akhirnya ikutan lagi 2 pengajian mingguan lainnya, misalnya di hari Senin dan Rabu.

Di mushalla, ternyata ada penjual buku, kita beli buku-buku agama dan belajar banyak ilmu agama. Kita beli Al Qur’an dan memperbanyak membaca Al Qur’an. Kita beli CD murratal Al Qur’an dan jadi sering dengar murratal Al Qur’an di meja kerja.

Dari materi pengajian dan buku yang kita baca, akan banyak sekali ilmu, nasihat, tips, yang bisa kita terapkan. Kita pun secara bertahap mulai memperbaiki diri, setiap hari semakin baik.

Itu contoh yang baik.

Dan ini berlaku juga untuk hal yang buruk. Yang buruk tidak perlu dicontohkan ya, salah-salah jadi inspirasi buruk nantinya :-)

Maka, mari kita berhati-hati melangkah. Satu langkah kecil akan bergulir, dan terus bergulir, terakumulasi menjadi bola salju. Jika itu kebaikan, beruntunglah kita. Jika itu keburukan.. Alangkah sayangnya..

No comments: