Monday, July 25, 2011

Surga karena Rahmat Allah (Tafsir Al Haqqah)

Ibnu Abu Hatim mengatakan dst dari Abdullah ibnu Abdullah, sesungguhnya Allah menghentikan hamba-Nya di hari kiamat, lalu menampakkan kepadanya keburukan-keburukannya yang tertulis di bagian luar catatan amal perbuatannya.
Lalu Allah berfirman kepadanya, “Engkau tentu mengetahui ini.”
Hamba tersebut menjawab, “Ya, wahai Tuhanku,”
Lalu Allah SWT berfirman kepadanya, “Sesungguhnya Aku tidak akan mempermalukanmu dengannya, dan sesungguhnya sekarang Aku telah mengampunimu.”
Maka pada saat itulah hamba tersebut berkata : “Ambillah, bacalah kitabku (ini). Sesungguhnya aku yakin, bahwa sesungguhnya aku akan menemui hisab terhadap diriku." (Al Haqqah 19-20).
Hamba tersebut berkata demikian karena yakin dirinya telah selamat dari hal yang mempermalukan dirinya di hari kiamat.

Sesungguhnya telah disebutkan dalam sebuah hadits sahih dari Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa beliau bersabda : “Beramallah, luruslah dan dekatkan diri kalian (kepada Allah), dan ketahuilah bahwa seseorang dari kalian tidak akan dapat dimasukkan ke dalam surga oleh amal perbuatannya.”
Mereka bertanya, “Termasuk juga engkau, ya Rasulullah?”
Rasulullah SAW menjawab, “Dan tidak pula aku, kecuali bila Allah melimpahkan kepadaku rahmat dan karunia dari-Nya.”

Tafsir Ibnu Katsir, Surat Al Haqqah

No comments: