Tuesday, July 19, 2011

Miramagia, Seru dan Bagus, Sayangnya..

Ada yang pernah coba main game online Miramagia? Saya coba search di Google, review Miramagia dari orang Indonesia, belum ada.. :-)

Saya diajak anak saya, dan ternyata memang seru :-)

Kita diberi lahan untuk ditanami, punya binatang untuk dipelihara, punya rumah dengan taman, ada laboratorium pribadi, ada tempat ibadah, ada tempat penyimpanan hasil pertanian. Nanti kita belajar berjualan ke pasar, dengan menentukan sendiri harga barang yang mau kita jual, belanja. Level kita ditentukan antara lain dari jumlah emas yang kita miliki.

Kita punya teman dalam satu kelompok, yang random dipilihkan ketika kita mendaftar. Dengan teman-teman itu kita bisa bertegur sapa, dan saling memberi hadiah. Ada macam-macam kompetisi baik pribadi maupun kelompok, yang berhadiah emas.
Seiring dengan waktu, pilihan tanaman bertambah, dengan waktu Binatang makin besar, perlu kandang makin besar. Laboratorium, tempat ibadah, rumah, juga perlu diperbesar.

Bagus kan?

Anak-anak jadi belajar proses bertani, belajar berstrategi, memilih tanaman yang akan ditanam, baik dilihat dari sisi waktu penanamannya (ada yang 3 menit ada yang 24 jam), maupun harga jualnya. Belajar berjualan, menentukan harga yang tepat, agar laku terjual. Belajar bermasyarakat, beramah tamah dengan teman-teman satu kelompok. Belajar bekerja sama, untuk memenangkan kompetisi kelompok. Plus belajar bahwa mata uang yang sesungguhnya adalah emas :-)

Namun, ada yang sangat saya sayangkan..

Konteks seluruh cerita adalah magic atau sihir. Jadi yang saya sebut tempat ibadah adalah magic circle berupa batu-batuan melingkar. Ketika menanam dan memanen, yang dilakukan adalah memberi mantra yang pada ilustrasinya diberikan gambar bintang-bintang kecil berkerlap-kerlip. Di laboratorium, yang dilakukan adalah mempelajari mantra-mantra baru, yang bisa membantu dalam membersihkan lahan dan mempercepat panen. Dan kita bisa juga iseng menyihir teman dan pengunjung lain. Plus, setiap hari bisa dilakukan pemutaran roda keberuntungan dengan beraneka hadiah.

Duh, sungguh jauh dari nilai-nilai Islam, akidah, dan syariah.

Betapa ingin ada game seperti ini, yang seru, menarik, mendidik, tetapi di dalamnya terkandung nilai-nilai Islam.

Misalnya, di waktu-waktu shalat, maka diharuskan ke tempat ibadah, ada masjid di desa, semua yang sedang online shalat bersama. Bertani, berdagang masih oke untuk dilanjutkan. Kegiatan belajar bukan dalam konteks mantra, tetapi benar-benar belajar. Kemudian bisa diperkenalkan juga dengan konsep zakat dan infaq, dengan datangnya pengunjung yang berkebutuhan. Ada juga target ibadah harian, misalnya membaca Al Qur'an, shalat dhuha, shalat tahajjud, yang menambah bonus akhirat, misalnya.

Tapi, yang pertama yang harus ditampilkan adalah game yang seru dan menarik. Nilai-nilai Islamnya itu dimasukkan secara sangat samar, tapi tertanam.

Gimana, mudah-mudahan ada yang tertarik membuat? Saya ikutan buat konsepnya nanti.. Ditunggu kabarnya yaa.. :-)

No comments: