Thursday, October 11, 2012

Bagaimana Masa Alam Kubur Kita Nanti?




Teman saya baru saja bercerita, bahwa ia dan keluarganya baru saja memindahkan jenazah ayahnya yang wafat sekitar 20 tahun yang lalu, dari makam yang sekarang yang akan digusur, ke makam yang baru di kampung. 

Semula keluarga menyangka, jenazah akan sudah tidak utuh baik kain kafan maupun jasadnya, karena sudah wafat sedemikian lama.

Namun, subhanallah, ketika makam dibuka, diawali dengan tanah penutup yang  tertutup sedemikian rapi, seperti lantai tanah yang sering diinjak setiap hari dan menjadi padat. Kayu penutup sudah hilang, sudah lapuk dan habis dimakan usia. Namun kain kafan jenazah masih utuh dan kering. Jenazah pun masih tertutup rapi dengan kain kafan tersebut. Proses pengambilan jenazah yang biasanya memakan waktu 2,5 jam, kali ini hanya memerlukan waktu 1 jam. Para penggali pun keheranan. 

Saya tidak bertanya lebih lanjut, bagaimana almarhum dan apa yang sudah dilakukan almarhum selama  hidup. Mudah-mudahan kondisi jenazah yang baik tersebut menandakan ada amal baik yang membuat almarhum tetap terpelihara dalam waktu yang sedemikian lama. 

Semoga Allah merahmati kita nanti dengan alam kubur yang merupakan serambi surga, aamiin ya rabbal ‘aalamiin..

No comments: