Thursday, October 11, 2012

Karyawan, Adakah Kesempatan untuk Menjadi Pimpinan?



Barusan saya dapat “training singkat” dari mantan atasan saya yang saat ini sudah pensiun dini. 

Kecenderungan saat ini di perusahaan besar, posisi-posisi di manajemen diisi oleh pemimpin dari luar, yang memiliki pengalaman menyeluruh, memimpin satu entitas. Misalnya direktur dari perusahaan kecil, atau pimpinan dari suatu unit bisnis. Mereka dianggap sudah memiliki sense dalam menjalankan program, mapan secara finansial, memiliki idealisme dan memiliki kemampuan mewujudkan idealismenya, yang tentunya telah terbukti dalam pengalamannya. 

Hal ini membuat karyawan yang sudah meniti karir di perusahaan tersebut sejak lulus kuliah, misalnya, menjadi sulit untuk berkompetisi. Karyawan yang masuk di perusahaan besar, sejak awal hanya berfokus pada satu bidang spesifik, sehingga tidak memiliki kemampuan multidimensi yang dibutuhkan sebagai pemimpin. 

Satu dua, beberapa orang karyawan istimewa, memang akhirnya bisa menapaki karir dan berhasil menjadi pimpinan. Tapi sebagian besar yang lain?

Tapi, masih ada cara untuk karyawan “biasa” itu. Bagaimana caranya? Kata mantan atasan saya, tunggu di pertemuan berikutnya. Yaaaah :-)

No comments: