Wednesday, May 11, 2011

Panduan Penulisan Gelar - Ternyata Ada Ya?

Berawal dari diskusi tentang perbedaan antara MBA, MM, dan S2 di milis balita-anda tercinta, pembahasan bersambung ke penulisan gelar.

Terima kasih buat Mbak Imelda, Mbak Boedoet, Mbak Mira, Mbak Yesi, dan Mbak Down2Ghifs (maaf nggak ketemu nama aslinya :-)) atas diskusinya yaaa..

Saya baru tahu, ternyata ada panduan dalam penulisan gelar.

Pertama, gelar tidak perlu dituliskan pada KTP, Kartu Keluarga, dan surat-surat lainnya.
Sekali kita tuliskan di KTP, maka akan merembet ke surat nikah, rekening bank, nama di kartu kredit, dll, dsb. Kita bisa saja minta agar gelar tidak usah dimasukkan, tetapi tidak semua bersedia, karena jadi berbeda dengan di KTP.

Kedua, jika kita sudah melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maka gelar dari pendidikan yang lebih rendah menjadi gugur, kecuali jika bidangnya berbeda.

Contoh 1.
Ahmad kuliah S1 Teknik Mesin lalu melanjutkan ke S2 Teknik Industri.
Gelar yang benar : Ahmad, MT
Gelar yang salah : Ahmad, ST, MT

Contoh 2
Aminah kuliah S1 Teknik Mesin lalu melanjutkan ke S2 Ekonomi, lalu melanjutkan ke S3 Ekonomi.
Gelar yang benar ketika selesai S2 : Aminah, ST, ME
Gelar yang benar ketika selesai S3 : Aminah, ST, PhD
Gelar yang salah : Aminah, ST, ME, PhD

Ketiga, kalangan bisnis biasanya jarang mencantumkan gelar pada nama. Gelar lebih sering digunakan pada kalangan akademisi, medis, dan pemerintahan. Yang sering juga menggunakan gelar, adalah pada undangan pernikahan :-) Biasanya karena orang tua ingin membanggakan anaknya yang sudah berhasil lulus kuliah :-)

Saya punya kisah tersendiri tentang gelar di KTP.

Dulu waktu di Bandung saya mengurus KTP untuk pertama kali, prosesnya dibantu oleh supir kantor Bapak, yang sangat mengapresiasi gelar S1 saya :-D Formulir KTP sudah saya isi tanpa gelar, entah oleh supir itu atau oleh petugas kelurahan, nama saya ditambahkan dengan gelar. Yang lebih seru lagi, tahun 1997 gelar untuk S1 Teknik adalah ST, di KTP saya tertulis Ir. :-D Walhasil Ir. ini merembet ke berbagai surat-surat, termasuk ke KTP JKT setelah pindah. Sekarang saya sedang coba hilangkan gelar ini. Sudah berhasil di KK, mudah-mudahan nanti benar-benar hilang ketika perpanjangan KTP :-)

Sementara demikian, semoga bermanfaat :-)

6 comments:

Anonymous said...

RSI SAKINAH MOJOKERTO telp/sms : +6285648280307

Jaman said...

Kalau menghapus gelar di akta nikah gimana caranya gan?

Kang teguh said...

St. Ane agen tiket. Pesen lewat telephon namanya blblabal(smaran) udah di cetak eh nyempil gelar KH. ealah selama saya jadi agen kyanya baru ini deh gelar kh yang ikut.....

Unknown said...

saya mo bercerita saya di KTP namanya ada grlaran. saya di brlangko ga oake gelar. tapi pasjadi ktp ada gelarnya. saya tanya kepada petugas kecamatan ko ini ada gelarnya kata saya jawab petugas benarkan kamu sarjana iah sih kata saya .terus kata saya kalo di kto jangan pake gelar soalnya nanti akan ribet pada administrasi sayah .kata petugas ga papah kata petugass .saya bingung kalo saya harus ganti kagi ini juga lama proses bikin ktp

Keode said...

Ke pasar baru jakarta aja gan,d sna bisa di hapus

Ariati.N said...

Selanjutnya pake gelar atau tidak mas ?