Friday, September 9, 2011

Belajar Bahasa Arab Yuk!

Alhamdulillah di kantor saya ada ustadz yang mengajar bahasa Arab Al Qur’an, datang seminggu sekali. Walaupun pesertanya kadang naik turun, tapi sejauh ini telah berjalan secara konsisten sejak lebih dari 5 tahun yang lalu, dan sudah diperbaiki mekanismenya di 6 bulan terakhir.

Oya, yang kami pelajari adalah Bahasa Arab Al Qur’an, yaitu merujuk ke isi Al Qur’an. Jadi, ini bukan bahasa Arab percakapan.

Sebenarnya mempelajari Bahasa Arab Al Qur’an ini cukup penting bagi umat Islam. Karena dengan memahaminya, kita bisa meresapi bacaan yang kita baca ketika shalat, berdoa, membaca Al Qur’an tanpa terjemahan, atau mendengarkan bacaan Al Qur’an. Shalat dan doa pun dapat dilakukan dengan lebih khusyuk.

Bahasa Arab Al Qur’an sebenarnya tidak terlalu sulit. Memang perlu hafalan bentuk-bentuk perubahan kata, yang membuat kita lebih mudah memahami. Namun tanpa itu pun, kita bisa mulai belajar Bahasa Arab Al Qur’an.

Salah satu hal yang membuat mudah adalah, kata-kata dalam Al Qur’an sangat sering diulang. Sehingga jika kita sudah memahami arti satu kata dari satu ayat Al Qur’an, maka arti tersebut akan sama di ayat-ayat berikutnya.

Sekarang sudah banyak sekali Al Qur’an dengan terjemahan per kata, yang memudahkan kita mempelajari arti per kata dalam Al Qur’an.

Kita bisa belajar sendiri, walaupun memang akan lebih efektif jika ada guru.

Yang penting, yuk kita mulai! Sekarang! :-)

1 comment:

admin said...

Memahami Bahasa Al-Quran dalam 8 Jam? Klik Metode Mudah & Cepat Belajar Bahasa Arab

Wassalam - Smoga bermanfaat.