Thursday, September 22, 2011

Istiqamah, Al Qur'an, dan Marah

Alhamdulillah hari ini dapat satu pencerahan dari Cak Amin, guru tahfizh saya, dan berkaitan dengan niat saya untuk berhenti jadi pemarah :-)

Konteksnya masih dalam rangka menghafal Al Qur'an. Bahwa untuk menghafal Al Qur'an, diperlukan niat yang kuat, juga usaha yang sungguh-sungguh. Perlu ditetapkan jadwal wajib harian, yang tidak terganggu oleh aktivitas lain, serta tidak terganggu oleh interaksi dengan orang lain.

Dan yang terpenting dalam menjalankan itu, adalah sifat isitqamah. Istiqamah, disebut oleh ulama lebih baik daripada seribu karomah. Dan ternyata istiqamah adalah salah satu tanda orang yang ikhlash.

Cak Amin sendiri misalnya, menjadwalkan waktu wajib mengulang hafalan Al Qur’an ketika dalam perjalanan dengan sepeda motor setiap harinya, dari rumah dan ke berbagai tempat mengajar. Dalam perjalanan itu, bisa diulang 1 sampai 2.5 juz. Subhanallah. Dan karena melakukan perjalanan sambil menghafal, ada manfaat lain yang bisa diperoleh, yaitu emosi lebih terkendali, menghadapi perilaku pengendara motor di jalan yang beraneka ragam.

Wah! Pas sekali dengan saya yang sedang mencari cara untuk berhenti jadi pemarah. Sepertinya dengan lebih sering mengulang hafalan di mana pun berada, mudah-mudahan akan memudahkan saya untuk mengendalikan emosi, semakin sabar, zero anger :-)

Semoga :-)

No comments: