Wednesday, April 25, 2012

Bagaimana Kita Meninggal Nanti


Berita seseorang meninggal bermacam-macam. Ada yang meninggal setelah bermain sepak bola, dalam perjalanan ke masjid, setelah shalat subuh, setelah menonton pertandingan sepak bola, dan banyak lagi. Dan kondisi akhir ini yang biasanya akan dibahas di antara para pelayat.

Pernahkah berpikir, bagaimana kita akan meninggal nanti? 

Ustadzah Iin pernah menyampaikan, secara logis, orang akan meninggal dengan kondisi yang memang paling sering dilakukan dalam kebiasaan sehari-harinya.

Yang sehari-harinya sering ke masjid, maka kemungkinan meninggal tidak jauh dari kegiatan ke masjid. Bisa sepulang dari masjid, bisa ketika dalam perjalanan ke masjid, atau meninggal di masjid. 

Yang sehari-harinya banyak shalat termasuk shalat sunnah, maka kemungkinan akan meninggal tidak jauh dari kegiatan shalat. Bisa selesai shalat, atau ketika shalat, atau ketika bersiap-siap akan shalat. 

Begitu pula yang sehari-harinya senang menonton pertandingan bola, senang bermain bola, senang berjalan-jalan ke mall, senang melukis, senang membaca buku, dan berbagai kegiatan lainnya baik yang positif maupun negatif, maka kemungkinan akan meninggal di sekitar kegiatan tersebut.

Dari perkiraan kemungkinan itu, maka yang terbaik adalah kita perbanyak kondisi dan kegiatan yang baik, agar itulah yang menjadi kegiatan kita di akhir hayat nanti. Dan kita hindari dan tinggalkan kegiatan yang buruk, agar terhindar dari akhir yang buruk. Semoga Allah senantiasa membimbing setiap langkah kita.

No comments: