Friday, April 20, 2012

Setelah Hafal Nama & Nomor Surat

Setelah dalam 2 bulan terakhir mencoba menghafal nomor dan nama surat dengan metode asosiasi angka, terpikir beberapa target lain yang bisa dilakukan dengan metode ini :

1. Menghafalkan arti nama surat
Sebenarnya ketika menghafal nomor dan nama surat, niatnya sekaligus juga menghafalkan arti namanya, tetapi ada beberapa yang kurang intensif.

2. Menghafalkan jumlah ayat setiap surat
Hehehe, kelihatannya tantangannya lebih berat nih. Karena setelah berusaha keras mengasosiasikan nomor surat dengan nama surat, ditambah lagi dengan asosasi untuk jumlah ayatnya. Tapi bisa dicoba :-)

3. Menghafalkan asmaul husna
Satu cita-cita saya yang belum tercapai, adalah menghafalkan asmaul husna. Sepertinya metode hafalan harian ini bisa dipakai. Hmm.. saya jadi terpikir, sepertinya ini bisa dilakukan secara paralel dengan menghafal nomor dan nama surat.. Sehari 3 nama, dalam 33 hari sudah selesai.. Coba nanti saya rumuskan dulu yah, saya akan informasikan lagi di tulisan terpisah..

4. Menghafalkan halaman awal surat
Hehehe, sepertinya sudah semakin kompleks ya. Dan pertanyaannya, apa perlu? Tapi sebagai tanda cinta kita kepada Al Qur'an, kenapa tidak?

Sementara itu dulu, semoga bermanfaat :-)

No comments: