Friday, April 20, 2012

Cek Hafalan Nomor Surat Yuk

Setelah mencoba menghafal nomor dan nama surat Al Qur'an dengan metode asosiasi angka, terasa perlu ada metode untuk pengecekan hafalannya.

 Tadinya saya tulis di kertas, tapi setelah mempertimbangkan go green, sepertinya perlu ganti metode.

Saya tulis di memopad, di komputer atau di HP. Tapi setelah itu perlu cek lagi ke list-nya, apakah hafalan saya sudah benar.

Akhirnya, sebagai pecinta sejati MS Excel :-), saya buat file khusus untuk pengecekan hafalan nomor dan surat Al Qur'an ini :-) Simpel aja sih, saya buat dulu daftar nomor dan nama surat Al Qur'an-nya, tepatnya bukan buat sih, tapi copy paste dari internet, hehehe..

Selanjutnya, di sheet yang berbeda, saya buat kembali kolom A untuk nomor surat dan kolom B kosong untuk saya menuliskan hafalan saya. Di sampingnya lagi, kolom C, saya buat formula pengecekan. Simpel juga, cuma if then saja, kalau isi di kolom referensi = kolom hafalan, artinya betul, kalau tidak sama, salah.

Sekarang tinggal mengisi di kolom hafalan sesuai nomor urut di kolom nomor, di kolom ketiga akan muncul informasi apakah hafalan kita salah atau benar. Mudah kan? Juga tidak menghabiskan kertas :-)

Oya, yang perlu diperhatikan, penulisan nama suratnya harus persis sama, karena formulanya betul-betul mengecek per karakter.

Berikutnya, untuk pengecekan yang lebih sulit, saya buat urutan nomornya acak :-)
Jadi saya buat sheet baru lagi, kolom A untuk formula yang menghasilkan angka random. Angka random ini harus ditentukan maksimalnya, sesuai dengan nomor surat terakhir yang sudah kita hafal. Dan karena angka random ini setiap kita klik "enter" berubah, perlu di-copy value ke kolom B. Jadi kita isi hafalannya di kolom C. Formula pengecekan di kolom D, dengan penambahan fungsi vlookup :-)

Setelah itu tinggal diisi sesuai angka random yang ada, hehehe, agak lebih susah ternyata tes hafalannya kalau tidak berurutan :-)

Mudah-mudahan cukup bisa dimengerti yaaa.. Silakan dicoba :-)

Atau, kalau mau coba tapi nggak sempat buat file-nya, atau pusing baca petunjuk saya, boleh email ke saya, nanti saya kirim :-)
Alamat e-mail-nya : ummu.h.zaidan@gmail.com

Semoga bermanfaat :-)

No comments: