Friday, April 27, 2012

Beri Tanda pada Hafalanmu!

Copy paste dari milis daarut tauhiid, semoga bermanfaat, tulisan dari Ustadz Bobby.

==

2012/4/24 Bobby_hero77 <bobby_hero77@yahoo.com>

Beri Tanda pada Hafalanmu!

Pernahkah Anda terpikir mengapa Allah Swt turunkan Al Quran kepada Rasulullah Saw dan para sahabat butuh waktu lebih dari 22 tahun? Mengapa harus begitu lama? Apakah mereka bukan golongan cerdas nan cendekia?! Ini fakta pertama.

Fakta selanjutnya wahyu yg turun kepada mereka tidak berurutan dimulai dari sebagian surat Al Alaq, Al Qalam, Al Muddatsir, Al Muzammil, Ad Duha, dst. Hebatnya mereka adalah kaum yg tdk bs baca-tulis! Jadi kesemuanya mereka hafal dalam kepala!!!

Setelah sekian lama menghafal ayat Al Quran sejumlah 6236, maka di saat Allah meminta mereka menyusun kembali hafalan mereka thdp  urutan surat seperti sekarang yg dimulai dari Al Fatihah, Al Baqarah, Ali Imran, dst. Mereka menjumpai tiada kesulitan.

Coba renungkan, apa rahasia dari dua fakta itu?!Inilah ilmu cara menghafal super memory yang harus kembali digali oleh ummat!

Ternyata setelah direnungi, teknik ini amat sederhana adanya. Manusia terlalu sering diilhami Allah Swt memory permanen dalam hidupnya yg tidak pernah ia lupa untuk selamanya.Contohnya adalah...., Mungkin dalam hidup Anda pernah alami kejadian yang tidak mungkin terlupa, seperti kejadian yg amat menyenangkan, menyebalkan, menyedihkan dan banyak kejadian lain yg melibatkan emosi.

Seperti kejadian Tsunami Aceh pada ujung 2004 misalnya. Bagi rakyat Aceh yg mengalami kejadian ini tidak akan mungkin pernah terlupa. Bagaimana suasana kacau-balau saat itu, teriakan manusia yg terdengar meminta tolong, gelombang air yang terlihat begitu jelas. Korban jiwa yg berjatuhan, dan banyak lagi pemandangan yg tdk mungkin terlupa. Begitu menakutkan, menyedihkan dan mengharukan. Mengobok-obok jiwa hingga tak mungkin terlupa.Itulah memory permanen yg tak mungkin terlupa. Sebab melibatkan emosi manusia, bukan sekedar hafalan yg diulang-ulang.

Demikianlah alasan mengapa Allah Swt turunkan Al Quran perlu waktu lebih dari 20 tahun. Dia Swt turunkan ayat Al Quran dengan banyak kejadian yang tak mungkin terlupa oleh kaum muslimin dalam berbagai kesempatan seperti perang Badar, perang Ahzab, dan kejadian lain yg disebut dengan ASBABUN NUZUL.

Apakah kini Anda sudah pahami kata kunci dari Memory yg Permanen? Kata kuncinya adalah EMOSI.

Libatkanlah emosi dalam setiap hafalanmu.... Beri tanda dengan emosi yg beragam; baik senang, sedih, senyum, kesal, dll.Maka Anda akan dapati bahwa Hafalan Anda akan permanen dan tidak akan lupa untuk selamanya.... :)

No comments: