Wednesday, July 18, 2012

Hanya 15% Keluarga Indonesia yang Punya Al Qur'an


Dari penelitian yang dilakukan oleh AQLIC, Arrahman Quranic Learning Islamic Center, di tahun 2012 jumlah keluarga yang memiliki Al Qur’an di rumahnya hanya 15%. 

Apakah karena Al Qur’an dianggap terlalu mahal, sehingga sebagian besar masyarakat Indonesia tidak mampu membeli Al Qur’an?

Coba kita bandingkan dengan jumlah pelanggan telepon seluler. Ternyata di tahun 2011 jumlahnya ada 200 juta orang, artinya sekitar 80% dari jumlah penduduk Indonesia. 

Berarti bukan masalah mahalnya. Karena HP jelas lebih mahal dari Al Qur’an. Belum lagi pulsanya yang harus diisi secara rutin. 

Belum lagi kalau kita coba bandingkan dengan jumlah TV. Sepertinya hampir seluruh rumah di Indonesia ini punya TV, malah bisa lebih dari 1. 

Kondisi ini sangat memprihatinkan. Al Qur’an belum menjadi prioritas buat masyarakat muslim Indonesia. 

Padahal Al Qur’an adalah petunjuk hidup. Untuk bisa menjalankannya, maka kita harus memahaminya. Dan untuk itu, kita perlu mempelajarinya secara intensif. Kalau kita belum bisa membacanya, kita harus belajar. Dan supaya itu semua bisa terjadi, akan lebih mudah kalau kita punya Al Qur’an sendiri di rumah. 

Lalu belajarnya bagaimana? Mudah-mudahan banyak yang bersedia mengajar Al Qur’an. Datanglah ke masjid terdekat, minta untuk diajari membaca dan memahami Al Qur’an. 

Saya sebenarnya agak kurang percaya dengan hasil penelitian tadi. Rasanya seharusnya jumlahnya tidak serendah itu. Mudah-mudahan sebenarnya lebih banyak ya.. 

Namun, saya jadi terpikir, kalau benar, maka kita harus berbuat sesuatu. Kita tidak bisa hanya menyesali.
Salah satunya yang bisa kita lakukan adalah, memberikan Al Qur’an ke keluarga yang belum punya Al Qur’an. Berikan saja dulu. Mudah-mudahan lama-lama mereka tergerak untuk membaca dan mempelajarinya. Sarankan untuk belajar, datang ke masjid terdekat. 

Kalau teman-teman sekalian ketemu keluarga yang belum punya Al Qur’an, yuk, belikan Al Qur’an untuk mereka, atau boleh juga e-mail ke saya, ummu.h.zaidan@gmail.com, informasikan alamat lengkapnya, insya Allah akan saya kirimkan Al Qur’an ke alamat tersebut.

No comments: