Wednesday, July 18, 2012

7 Momentum Kebaikan di Bulan Ramadhan

Mumpung Ramadhan, waktunya meningkatkan ibadah, bisa menjadi momentum untuk memulai kebaikan. Mumpung Ramadhan :-) Lalu bagaimana setelah Ramadhan? Ya dilanjutkan :-)

Paling tidak ada 7 kebaikan yang bisa dimulai di bulan Ramadhan.

1.    Buat muslimah, memakai busana muslimah.
Ramadhan biasanya identik dengan pengajian, tadarus, tarawih ke masjid, yang identik dengan busana muslimah. Pas untuk memulai menggunakan busana muslimah :-)

2.    Shalat berjamaah di masjid, terutama untuk bapak-bapak.
Di bulan Ramadhan biasanya shalat tarawih dilakukan di masjid, maka termasuk juga shalat isya-nya. Coba diperbanyak untuk shalat-shalat lainnya, misalnya shalat dzuhur. Shalat subuh juga bisa, karena setelah sahur, adzan subuh, tinggal jalan ke masjid deh..

3.    Rutin dan intensif membaca Al Qur’an.
Bulan Ramadhan bulan Al Qur’an. Kalau menargetkan khatam di bulan Ramadhan, berarti dalam sehari selesai 1 juz. Jadwalkan dalam sehari agar 1 juz itu bisa tercapai. Bawa Al Qur’an ke mana pun pergi, supaya bisa membacanya jika ada waktu yang luang. Kalau tahun lalu sudah khatam 1 kali selama Ramadhan, tahun ini buat peningkatan. Misalnya khatam 2 kali, atau khatam sekaligus dengan terjemahnya, atau mulai ada target menghafal beberapa surat.

4.    Rutin bersedekah.
Ramadhan bulan dilipatgandakannya pahala, termasuk pahala sedekah. Biasanya di masjid selalu diedarkan kotak amal, dan karena tiap hari ke masjid untuk shalat tarawih, biasanya sudah disiapkan uang untuk sedekah. Bagus sekali untuk dibiasakan bersedekah setiap hari, atau setiap pagi, agar hidup menjadi lebih berkah.

5.    Shalat malam.
Shalat tarawih termasuk dalam shalat malam. Jumlah rakaatnya juga cukup banyak, mirip dengan shalat malam. Plus di bulan Ramadhan, kita bangun di waktu sahur, yang waktunya pas untuk shalat malam.

6.    Shalat dhuha.
Di bulan Ramadhan, ibadah sunnah bernilai seperti ibadah wajib, maka waktunya untuk memperbanyak ibadah sunnah. Salah satunya adalah shalat dhuha. Di jam-jam 8-9 pagi yang biasanya kita masih sarapan di kantin kantor, karena puasa tidak ada sarapan, kita jadi punya waktu untuk shalat dhuha..

7.    Berhenti menggosip.
Salah satu yang harus dihilangkan di bulan Ramadhan adalah kegiatan menggosip, karena akan mengurangi nilai puasa kita. Kalau begitu, ketika sudah berbuka, boleh dong? Ya, tetap jangan, kan masih dalam bulan Ramadhan, bulan dilipatgandakannya nilai ibadah, mendingan cari kegiatan lain yang ada pahalanya.


Demikian, selamat memasuki bulan Ramadhan, bulan peningkatan prestasi ibadah kita, bulan perbaikan diri :-)

No comments: